Tim SAR Temukan 3 Korban Longsor di KBB, Sisanya Masih Dalam Pencarian

JABAR EKSPRES – Tim SAR gabungan berhasil menemukan tiga korban yang tertimbun tanah longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa 26 Maret 2024.

Ketiga korban ditemukan tim SAR gabungan dalam waktu berdekatan sekitar 30 menit dari penemuan korban pertama di titik fokus satu.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Pada Basarnas Bandung, Supriyono mengatakan, ketiga korban berhasil diidentifikasi, dua diantaranya anak-anak, dan satu dewasa.

“Pada pukul 11.54 WIB petugas gabungan menemukan korban pertama di titik pencarian satu. Untuk korban anak-anak, berjenis kelamin perempuan. Pada pukul 12.33 WIB kita kembali menemukan korban kedua berjenis kelamin laki-laki,” katanya di lokasi.

BACA JUGA: Proyek Jaringan Internet Pemkot Banjar Ditangani Diskominfo, Muncul Berbagai Keluhan

Menurutnya, ketiga korban itu ditemukan di kedalaman satu setengah meter di bawah timbunan material longsor. Selanjutnya, lanjut Supriyono, ketiga korban tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin.

“Kita langsung evakuasi ke rumah sakit terdekat,” katanya.

Dia juga menuturkan sesuai assessment worksheet atau titik pencarian diperkirakan para korban terjebak tidak jauh di lokasi penemuan korban pertama.

“Sesuai dengan informasi awal assessment awal bahwasanya di titik inilah adanya korban kurang lebih antara lima sampai enam korban. Makanya konsentrasi dari awal rencana operasi Kita tentukan 3 worksheet tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA: Gagal di Rekrutmen Bersama BUMN 2024? Ini Penyebabnya..

Menurutnya, bila cuaca saat pencarian mendukung dan tidak terjadi hujan lebat, diharapkan seluruh para korban yang tertimbun segera berhasil ditemukan.

“Mudah-mudahan cuaca mendukung tidak turun hujan sehingga kita bisa terus melakukan proses pencarian,” tandasnya.

Sekedar diketahui, tanah longsor menerjang Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu (24/3/2024) malam.

Akibat peristiwa itu, sebanyak 25 rumah rusak berat, korban yang tertimbun longsor 10 orang, 2 warga mendapatkan perawatan di RSUD Cililin dan 1 orang lainnya dirawat di pengungsian. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan