Proyek Jaringan Internet Pemkot Banjar Ditangani Diskominfo, Muncul Berbagai Keluhan

JABAR EKSPRES – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar tahun ini mulai menangani sentralisasi jaringan internet pemerintahan di Kota Banjar.

Namun diduga perusahan pemenang tender internet itu belum memiliki sarana secara penuh untuk mendistribusikan jaringan internetnya ke seluruh perkantoran.

Hal itu rupanya berdampak pada kelancaran internet di beberapa kantor pemerintahan. Seperti di BPKPD Kota Banjar, jaringan internet pada Senin 25 Maret 2024. Akibat internetnya bermasalah, seluruh akses pelayanan yang menggunakan jaringan internet menjadi terganggu. Salah satunya pembayaran pajak (PBB).

“Dari pagi sampai sore kemari , tidak bisa mengakses internet. Sudah ada teknisi yang melakukan perbaikan tapi masih tetap tidak berfungsi,” kata salah satu pegawai di BPKPD Kota Banjar, Rabu 26 Maret 2024.

BACA JUGA: Gagal di Rekrutmen Bersama BUMN 2024? Ini Penyebabnya..

Kemudian di Dinas Perhubungan, pembayaran PAD retribusi parkir juga ikut-ikutan terhambat karena diduga server di BPKPD anjlok lantaran koneksi internetnya gangguan.

“Tidak bisa setor ke kas daerah karena aplikasinya juga tidak bisa diakses,” kata petugas di Dinas Perhubungan Kota Banjar.

Sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Banjar mulai tahun 2024 ini melakukan sentralisasi jaringan internet perkantoran pemerintah.

Sistem jaringan hingga biaya pembayaran internet seluruh perkantoran pemerintahan kini ditangani oleh Diskominfo. Anggarannya digelontorkan dari APBD Banjar untuk pengelolaan sentralisasi internet ini sekitar Rp1,6 miliar lebih.

“Jadi mulai tahun ini, efektif bulan Maret, jaringan internet di seluruh perkantoran kami yang menangani. Sentralisasi ini total ada 82 titik termasuk perkantoran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Puskesmas, Desa, Kelurahan, beberapa organisasi non pemerintah, Balai Latihan Kerja (BLK), Banjar Convention Hall (BCH), Mal Pelayanan Publik (MPP), hingga hotspot untuk area publik,” kata Kepala Diskominfo Kota Banjar, Dede Tito Ismanto, ST ME, belum lama ini.

BACA JUGA: Komunitas Honda Vario 160 Gelar Buka Puasa Bersama di Karawang

Tito menjelaskan, pihak ketiga provider yang memenangkan tender lelang sentralisasi jaringan internet ini dari pihak swasta, yakni Seven Sky Net.

“Tapi karena belum Sky Net ini belum mengcover semua jaringan di perkantoran, sehingga masih bekerjasama dengan Biznet, sewa ke Biznet. Tapi yang dapat tendernya Sky Net,” kata dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan