5 Fakta PT Sung Chang yang Bangkrut Usai Pemilu 2024

JABAR EKSPRES – Meski tidak ada kaitannya dengan Pemilu serentak tahun 2024, namun berbarengan dengan selesainya pesta demokrasi itu, PT Sung Chang Indonesia menyatakan gulung tikar alias bangkrut.

Perusahaan rambut palsu (wig) yang berada di Wilayah Desa Neglasari Kecamatan Banjar Kota Banjar Jawa Barat tersebut bangkrut lantaran sepi buyer (pembeli).

Berikut fakta-fakta menarik PT Sung Chang Indonesia di Kota Banjar:

BACA JUGA: Inovasi KWT BERSERI, Mengubah Tanaman Bunga Telang Menjadi Produk Bernilai Ekonomi

1. Beroperasi mulai tahun 2011

Industri rambut palsu atau wig ini mulai muncul di Kota Banjar pada tahun 2003. Lokasi industri wig itu awalnya ngontrak di Aula Desa Situbatu Kecamatan Banjar. Kemudian pada tahun 2010, perusahaan asal Korea itu mendirikan pabrik di wilayah Neglasari, selang satu tahun kemudian, pada Maret Tahun 2011 pabrik tersebut mulai beroperasi dengan aset lahan dan bangunan milik sendiri.

2. Pemasok wig untuk Artis dalam dan luar negeri

Siapa sangka jika perusahaan yang memiliki buruh tidak lebih dari 300 orang ini ternyata menjadi pemasok wig untuk para artis.
Bahkan tidak hanya untuk artis dalam negeri saja, tapi produksinya juga dikirim hingga ke mancanegara. Proses awal pembuatan wig ini dikerjakan di Kota Banjar.

BACA JUGA: PT Sung Chang Bangkrut, PT Alba Menyusul

3.Pabriknya di Banjar karena UMK rendah

Dalam mendirikan pabrik, pihak perusahaan akhirnya jatuh hati ke Kota Banjar. hal itu lantaran biaya UMK di Kota Banjar sendiri paling rendah di Jawa Barat, sehingga perusahaan tidak perlu mahal dalam menggaji pekerjanya.

4.Cabang dari Purbalingga

PT Sung Chang Indonesia, dikenal sebagai perusahaan rambut palsu terbesar di Purbalingga, dan mungkin juga di Jawa Tengah dan Indonesia yang melebarkan sayapnya ke Kota Banjar. Namun harus pupus karena pabrik yang di Kota Banjar bangkut pada tahun ini.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Stok BBM Aman untuk Mudik Lebaran

5.Karyawannya didominasi perempuan

Perempuan dianggap lebih teliti dan tekun, supaya hasil yang diperoleh bisa sempurna. Karena pembuatan wig di PT Sung Chang Indonesia Cabang Kota Banjar ini hanya knetting, atau proses paling awal, Sehingga dalam pengerjaannya membutuhkan keuletan, ketelitian dan ketekunan, karena dikerjakan secara manual. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan