Otsuka Dapat Penghargaan dari EWTB Atas Penanggulangan TBC

JABARESKPRES – Ending Workplace Tuberculosis (EWTB) memberikan penghargaan kepada PT Otsuka Indonesia dan PT Amerta Indah Otsuka atas kontribusinya dalam menanggulangi Tuberkulosis ( TBC ).

Penghargaan yang diberikan kepada anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. (Jepang) itu diberikan bertepatan dengan momentum Hari Tuberkulosis Sedunia.

Untuk diketahui EWTB memberikan kepada perusahaan yang berpartisipasi mengatasi tuberkulosis (TBC).

EWTB sendiri didukung penuh oleh Global Fund, Stop TBC Partnership, World Economic Forum dan lebih dari 40 perusahaan terkemuka lainnya.

EWTB didirikan pada 2020 untuk mengambil peran dalam mendekteksi, mengobati serta mencegah TBC di tempat kerja.

HCD & Corporate Communications Director Otsuka Sudarmadi Widodo mengatakan, Tuberkulosis (TB) masih menjadi penyakit menular dan penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Menurut data KEMENKES, ada lebih dari 1,000,000 (satu juta) orang hidup dengan TBC. Indonesia memiliki target untuk mengeliminasi TBC pada tahun 2030.

‘’Otsuka sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Kesehatan, menginisiasi program “Free TBC at Workplaces,’’ujar Sudarmadi dalam keterangannya.

Program ini, merupakan wujud komitmen Otsuka untuk memberikan peayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya kepada para pekerja.

Sudarmadi mengatakan program ini mendapat dukungan dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, untuk memenuhi syarat meraih penghargaan, organisasi/perusahaan harus menunjukkan komitmen jangka panjang dan kontribusi berkelanjutan.

‘’Selama ini kita sangat konsen dalam penanggulangan dan pencegahan TBC di tempat kerja,’’ ujarnya.

Perusahaan ini memiliki devisi khusus Otsuka Novel Products GmbH (ONPG) merupakan pusat pengendalian program Tuberkolosis di perusahaan.

ONPG ini selalu melakukan koordinasi Otsuka Group di Indonesia dan afiliasi lainnya untuk memberikan fasiltas kesehatan dalam menanggulangi Tuberkolosis.

Sudarmadi menuturkan, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penyakit ini kedua tertinggi di dunia.

Untuk itu, Otsuka Group di Indonesia memfokuskan perhatian untuk menanggulangi Tuberkolosis di tempat kerja.

‘’Melalui program FREE Tuberculosis at Workplaces, sejak awal program pada Juli 2022 terdapat 31 mitra perusahaan yang telah bergabung untuk dideteksi/skrining ke lebih dari 70.000 karyawan,’’ tuturnya.

Program ini juga menyediakan dukungan medis dan gizi bagi mereka yang dinyatakan positif TBC.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan