Viral! Manusia Pertama yang Tanam Chip Otak Neuralink Berhasil Mengendalikan Kursor dengan Pikiran

JABAR EKSPRES – Seorang pria bernama Noland Arbaugh, yang mengalami kelumpuhan dari bahu ke bawah akibat kecelakaan delapan tahun yang lalu, telah menjadi manusia pertama yang menerima chip komputer Neuralink ke dalam otaknya.

Dalam siaran langsung, Arbaugh menunjukkan kemampuan chip tersebut dalam menggerakkan kursor komputer dengan pikirannya, bermain catur online, dan mengendalikan aliran musik.

“Semuanya dilakukan dengan otak saya. Jika Anda dapat melihat kursor bergerak di layar, itu adalah saya, kalian,” katanya saat siaran langsung menunjukkan kursornya bergerak melalui permainan catur online.

Chip ini memiliki 1.000 elektroda yang mengumpulkan data tentang aktivitas otak dan niat gerakan, dan kemudian menerjemahkannya menjadi tindakan melalui komputer Neuralink.

Baca juga: 5 Rekomendasi Smartwach Android 2024 yang Layak untuk Dibeli!

“Ini benar-benar gila, ini sangat keren. Saya sangat beruntung bisa menjadi bagian dari ini. Setiap hari sepertinya kami mempelajari hal-hal baru dan saya tidak bisa menggambarkan betapa kerennya bisa melakukan hal ini,” ucapnya.

Arbaugh menjelaskan bahwa ia cukup membayangkan kursor bergerak ke tempat yang diinginkan, dan kursor tersebut bergerak. Hal ini membuatnya dapat bermain game seperti “Civilization VI” tanpa bantuan orang lain.

Arbaugh menjadi subjek uji coba manusia pertama untuk chip ini setelah ditanamkan oleh seorang ahli bedah robotik pada akhir Januari. Dia menggambarkan operasi tersebut “sangat mudah” dan keluar dari rumah sakit tanpa masalah kognitif.

Video siaran langsung ini adalah tampilan terdekat yang diberikan oleh Neuralink kepada publik. Namun, perusahaan ini masih belum memberikan banyak informasi tentang teknologi dan uji coba pada manusia mereka, yang menyebabkan panggilan untuk lebih banyak transparansi.

Baca juga: Revolusi Belajar Ngaji, Aplikasi Ngaji.ai Hadir dengan Artificial Intelligence

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan