BPJS Kesehatan Cimahi Tetap Berikan Akses Layanan Kesehatan Bagi Peserta JKN Selama Libur Lebaran

JABAR EKSPRESBadan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Cimahi berkomitmen bakal tetap memberikan kemudahan pelayanan terhadap para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Jaminan pelayanan itu bakal diberikan juga pada 8 hingga 15 April 2024 atau saat cuti bersama dan libur lebaran. Di mana pada waktu tersebut peserta JKN bakal mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

”Komitmen ini mengacu pada prinsip portabilitas yang telah diterapkan BPJS Kesehatan,” ungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cecep Heri Suhendar saat konferensi pers, Rabu (20/3).

Cecep menjelaskan, prinsip portabilitas memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi seluruh peserta JKN. Sehingga, setiap peserta bisa mendapat  akses pelayanan rawat jalan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lain.

”Peserta JKN ini dapat akses pelayanan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan,” jelasnya.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan layanan saat cuti dan libur lebaran BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan. Salah satunya pelayanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat.

Sementara bagi yang mengakses layanan non tatap muka bisa melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA).

”Layanan ini mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup layanan informasi, layanan administrasi, dan layanan pengaduan. Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui Aplikasi Mobile JKN,” bebernya.

Tak sampai disitu, BPJS Kesehatan juga memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran dengan menyiapkan Posko Mudik. Posko tersebut mulai beroperasi pada 5 hingga 9 April 2024. Lokasi Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis.

Beberapa di antaranya berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur, Pelabuhan Merak Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Kota Makassar.

Menurut Cecep, posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat, dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan