AJAIB, Hasil Penelitian Sebut Puasa Bisa Sembuhkan Masalah Lambung, Ini buktinya

JABAR EKSRPES – Selama ini orang sering berfikir puasa bisa menimbulkan atau memicu penyakit lambung, ternyata hasil penelitian terbaru justru menyebutkan puasa bisa menjadi sarana sembuhkan masalah lambung.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Digestive Diseases and Sciences” menyebutkan bahwa puasa dapat menyebabkan penurunan signifikan dalam produksi asam lambung, yang dapat mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kenyamanan lambung.

Hal ini membuktikan, bahwa puasa juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama lambung. Melalui beberapa mekanisme seprti penurunan asam lambung dan istirahat yang diberikan pada lambung.

Baca juga : Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa, Bisa Kena Penyakit Ini

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan lambung dari hasil penelitian:

1. Penurunan Asam Lambung

Seperti disebutkan diatas, Puasa dapat membantu menurunkan produksi asam lambung, yang dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease) atau refluks asam lambung.

2. Pemulihan dan Regenerasi Sel

Puasa juga memberikan waktu istirahat yang diperlukan bagi lambung untuk melakukan proses pemulihan dan regenerasi sel-selnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Medical Hypotheses” pada tahun 2012 menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan proses autophagy, yang merupakan proses di mana sel-sel tubuh membersihkan diri dan memperbaiki kerusakan sel.

Hal ini dapat membantu dalam pemulihan lambung dan mencegah kerusakan sel yang dapat terjadi akibat paparan asam lambung berlebihan.

3. Peningkatan Sensitivitas Insulin

Puasa dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat memiliki efek positif pada kesehatan lambung.

Baca juga : Ternyata ini Penyebab Puasa Jadi Sering Mengantuk

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition Journal” pada tahun 2015 menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin, yang dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan kerusakan sel di lambung.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan manfaat puasa bisa sembuhkan penyakit lambung, namun tetap penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan respons tubuh yang berbeda terhadap puasa.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau memiliki kekhawatiran tentang kesehatan lambung Anda, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran yang sesuai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan