Bacaan Sholawat Luthf, Sholawat yang Langsung dari Rosulullah Untuk Penghilang Gelisah

JABAR EKSPRES – Membaca sholawat sebagai salah satu bacaan dalam wirid seusai sholat, menjadi kebisaan banyak orang. Hal ini karena banyaknya keutamaan dari membaca Sholawat, salah satunya Sholawat Lutfh.

Sholawat Lutfh merupakan salah satu Sholawat yang bersumber langsung dari Rasulullah. Sholawat lain yang juga dari Rosulullah langsung di antaranya shalawat Basyairul Khairat, shalawat Adhimiyah, dan beberapa shalawat lainnya.

Sebagaimana sholawat yang lain, Sholawat Luthf juga berisi doa dan puji-pujian terhadap Rosulullah. Dengan maksud siapapun yang membacanya akan mendapatkan syafaat kelak.

Baca juga : 3 Sholawat Pembawa Rejeki Berkah, Coba Amalkan Selama 40 Hari

Sholawat Luthf diciptakan oleh Sayyid Abdullah al-‘Alami, yang merupakan salah satu ulama yang memiliki garis keturunan ke Rasulullah.

Sayyid Ahmad bin al-Ma’mun al-Balghitsi (wafat 1348 H) dalam salah satu kitabnya menjelaskan, bahwa di antara faedah shalawat Luthf adalah mampu hilangkan kegelisahan, dan mampu menggampangkan semua kebutuhan manusia.

هَذِهِ الصَّلَاةُ لِتَفْرِيْجِ الْكرُوْبِ وَقَضَاءِ الْحَوَائِجِ أَيًّا كَانَتْ. وَذُكِرَ أَنَّ ثَوَابَهَا وَاحِدَةً بِخَمْسَةَ عَشَرَ أَلْفًا

Artinya, “Shalawat (Luthf) ini (faedahnya) untuk menghilangkan kesedihan (kesusahan, kesukaran), dan untuk mengabulkan kebutuhan-kebutuhan, apa saja bentuk (kebutuhan)nya. Dan disebutkan, bahwa pahala membacanya satu kali, (akan mendapatkan pahala) lima belas ribu.” (Sayyid Ahmad, Majlal Ahrar wal Haqaiq fima Yata’allaqu bish Shalati ‘ala Khairil Khalaiq, [Beirut, Darul Kutubil Ilmiah], halaman 83).

Baca juga : Baca Sholawat Busyro 41 Kali Usai Sholat Subuh, Lihat Keajaiban yang Akan Diterima

Berikut Bacaan Sholawat Lutfh yang bisa mempermudah seluruh urusan manusia dan juga menghilangkan kegelisahan.

اَللّٰهُمَّ صَـلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ صَلَاةَ أَهْلِ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرَضِيْنَ عَلَيْهِ وَأَجْرِ يَا مَوْلَانَا لُطْفَكَ الْخَفِيَّ فِيْ أَمْرِيْ وَأَرِنِيْ سِرَّ جَمِيْلِ صُنْعِكَ فِيْمَا اٰمِلُهُ مِنْكَ يَا اَللهُ يَا سَمِيْعُ يَا قَرِيْبُ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muḫammad wa `alâ âlihi shalâta ahlis samâwâti wal aradlîna `alaihi wa ajri yâ maulânâ luthfakal khafiyya fî amrî wa arinî sirra jamîli shun`ika fî mâ âmiluhû minka yâ allâh uâ samî`u yâ qarîbu yâ rabbal `âlamîn(a)

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Muhammad ﷺ, dan kepada keluarganya, dengan rahmat para penghuni langit dan bumi. Jalankaniah kelembutan-Mu yang tersembunyi dalam urusanku, wahai Tuhanku. Tampakkanlah kepadaku rahasia keindahan penciptaan-Mu dalam sesuatu yang kuharapkan dari-Mu. Ya Allah, wahai Yang Maha Mendengar, wahai Yang Mahadekat, wahai Tuhan seluruh keberadaan.” Shalawat di atas sangat masyhur dengan sebutan shalawat Luthf, yaitu salah satu shalawat kepada Nabi Muhammad yang dinisbatkan kepada Sayyid al-Imam al-Arif Billah Abdullah al-‘Alami.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan