Menengok Sejauh Apa Sebaran PJU untuk Wujudkan Bandung Caang Baranang

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Dalam rangka mewujudkan Bandung Caang Baranang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung terus mengebut pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) di berbagai wilayah yang dinilai masih minim penerangan.

Bahkan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menargetkan sebanyak 475 PJU harus rampung di tahun 2023.

Jabar Ekspres coba menulusuri terkait data jumlah PJU yang terbangun di tahun 2023. Berdasarkan data Dishub Kota Bandung, sebanyak 675 PJU kini telah hadir dan tersebar di berbagai kecamatan.

Pada tahun 2023, Kecamatan Antapani merupakan wilayah dengan pembangunan terbanyak yakni 75 titik. Jumlah tersebut tersebar di beberapa wilayah yaitu Jalan Indramayu, Sindangsari, Bunisari, Sindangkasih, Sukanagara, dan terakhir Jalan Semarang.

BACA JUGA: Pengelola Pasar Baru Gembok Kios Secara Sepihak, Pedagang Resah

Di peringkat kedua terdapat Kecamatan Sumur Bandung sebanyak 60 titik, dan peringkat ketiga yakni Sukajadi sejumlah 47 titik. Di posisi buncit terdapat Kecamatan Andir yang hanya terbangun 10 titik PJU.

Selain itu, terdapat 5 Kecamatan yang belum tersentuh pembangunan PJU baru. Wilayah tersebut yakni Cinambo, Regol, Mandalajati, Cidadap, dan Rancasari.

Menurut Kabid Sarana dan Prasarana Dishub Kota Bandung, Panji Kharismadi menuturkan, dirinya tak bisa memastikan total jumlah dan wilayah mana saja yang menjadi fokus pembangunan.

Hal tersebut dikarenakan rencana pembangunan per tahun berbeda-beda, dan bergantung pada pagu anggaran yang ada.

“Rencana pembangunan per tahun berbeda-beda, tergantung pagu anggaran dan usulan kebutuhan yang berbeda-beda,” kata Panji melalui pesan Whatsapp, Minggu (10/1).

BACA JUGA: Kembali Aktif! Berikut Rute DAMRI Leuwipanjang-Ledeng Terbaru

Apabila mengacu pada pembangunan PJU di 2 tahun sebelumnya. Berdasarkan Open Data Kota Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berhasil membangun sebanyak 745 titik PJU di 30 Kecamatan yang ada.

Dengan data tersebut, terdapat PJU baru sebanyak 1.420 diberbagai titik di Kota Bandung. Apabila melihat target terkait Bandung Caang Baranang, saat ini Ibu Kota Jawa Barat itu memiliki kurang lebih 47.000 titik PJU.

Hal tersebut berkenaan dengan target capaian yang berhasil Dishub capai yakni pembangunan PJU yang melebihi 529 titik di tahun 2023.

Pemerintah Kota Bandung sendiri mengucurkan dana sebanyak Rp63 miliar guna PJU dan PJL di tahun 2024. Ketika di konfirmasi terkait pagu anggaran dan rencana program kerja kedepan, Dishub tak merespon terkait hal tersebut. (Dam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan