Kapan Puasa Ramadhan 2024 Dimulai, Apakah Akan Ada Perbedaan lagi Tahun Ini?

JABAR EKSPRES – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang sudah didepan mata, banyak orang yang mulai menanyakan kapan tepatkan puasa Ramadhan akan dimulai.

Banyak yang menyebut ada potensi akan ada perbedaan pada tahun ini, karena masing-masing ormas sudah mulai mengeluarkan pengumuman.

Lalu kapan penetapan awal Puasa Ramadhan jika mengikuti pemerintah?

Seperti biasa, pemerintah akan menetapkan kapan awal puasa Ramadhan setelah melakukan sidang isbat.
Sedangkan pelaksanaan sidang isbat sendiri baru akan dilakukan pada tanggal 10 Maret 2024 oleh Kementerian Agama Republik Indonesia di Auditorium H.M. Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca juga : 4 Persiapan Menyambut Puasa Ramadhan 2024 Agar lebih Bersemangat Ibadah

Karenanya hingga saat ini belum ada pengumuman yang pasti dari pemerintah tentang penetapan puasa, apakah tanggal 11 Maret 2024 seperti yang ditetapkan oleh Muhammadiyah atau tanggal 12 Maret 2024 seperti yang ditetapkan oleh NU.

Namun jika melihat kalender Hijriyah 1445 atau 2024 yang diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia, diketahui bahwa awal puasa 2024 atau 1 Ramadhan 1445 H diperkirakan akan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Meski Pemerintah belum memberikan keterangan resmi terkait awal puasa, namun Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan.

Pentapan awal Ramadhan Muhammadiyah berdasar penghitungan atau hisab hakiki, yaitu metode hisab yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya Matahari dan Bulan faktual (sebenarnya).

Setelah melihat penghitungan tersebut, Muhammadiyah lantas mengumumkan hasil keputusannya terkait awal Ramadhan, yakni dengan mengerbitkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang telah ditandatangani pula oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si.

Baca juga : Tata Cara Mandi Wajib Jelang Puasa Ramadhan 2024 yang Dipraktikkan Rasulullah

Maklumat tersebut menyebutkan bahwa 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024.

Sementara penetapan awal puasa dari Nahdatul Ulama (NU) diketahui belum diputuskan. Hal ini karena selama lebih dari 20 tahun, keputusan NU selalu sama dengan pemerintah terkait awal Ramadhan.

Sama halnya dengan pelaksanaan puasa tahun ini NU disebut akan memberikan pengumuman setelah sidang isbat Pemerintah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan