4 Persiapan Menyambut Puasa Ramadhan 2024 Agar lebih Bersemangat Ibadah

JABAR EKSPRES – Ramadhan tinggal menghitung hari, sepekan lagi kita akan memasuki bulan suci yang penuh berkah. Banyak hal harus dipersiapkan untuk menyambutnya, terutama untuk menunjang ibadah kita menjadi semakin lancar. Berikut ada 4 persiapan yang harus kita lakukan untuk menyambut puasa Ramadhan 2024.

Puasa Ramadhan yang akan dijalani selama 30 hari harus dipersiapan secara maksimal. Bukan hanya dari kesiapan fisik dan mental saja, melainkan dari banyak hal.

Baca juga : Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Sambut Bulan Ramadhan dengan Bersihkan Hati dan Jiwa

Jangan sampai kita memasuki Ramadhan tanpa persiapan, tanpa target ibadah apalagi tidak memiliki semangat. Karena Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, bulan dimana semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan, karena semua ibadah yang dilakukan dibulan ini akan dilipat gandakan.

Hal ini karena Ramadhan merupakan salah satu bulan suci yang sangat dimuliakan oleh Allah. Sehingga kita juga harus memanfaatkannya dengan optimal.

Berikut beberapa persiapan menyambut Ramadhan yang perlu kamu ketahui :

1. Memperbanyak ibadah

Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat tepat bagi kita untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Hal ini dilakukan untuk memohon ampunan dan kelancaranan selama menjalankan ibadah puasa.

Selain melakukan ibadah wajib, seperti sholat dan puasa, sebaiknya juga melakukan ibadah sunnah seperti yang diajarkan oleh Rosulullah.

Misalnya memperbanyak ibadah di malam hari seperti qiyamul lail atau meningkatkan sedekah dibanding bulan lainnya,

2. Mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa

Selain memperbanyak ibadah, untuk menunjang lancarnya ibadah selama Ramadhan, kita juga harus mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa.

Penting bagi kita untuk mempersiapkan bahan-bahan pokok, seperti beras, bumbu dapur, lauk pauk, sayur, dan buah. Dengan begitu, puasa Ramadhan 2023 kali ini jadi lebih bernutrisi dan sehat bagi tubuh.

Baca juga : Menu Takjil Kreatif untuk Berbagi di Masjid Selama Bulan Ramadhan 2024

3. Membuat perencanaan menu sahur dan buka puasa yang bernutrisi

Saat puasa, pola makan kita akan berubah, namun jangan sampai kebutuhan nutrisi kita terabaikan. Karenanya membuat sebuah perencanaan menu sahur dan buka puasa yang sehat sangatlah penting.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan