Diduga Suara “Parkir” Caleg Perindo John Binsar Datangi Bawaslu Kota Bandung

JABAR EKSPRES, BANDUNG – Caleg DPRD Kota Bandung Dapil 3 dari Partai Perindo, John Binsar Simalango mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandung di Jalan Nuansa Mas Raya Nomor 2, Cipamokolan, Riung Bandung, Kota Bandung, Sabtu (2/3/2024).

Kehadiran John Binsar tersebut, untuk melaporkan atas adanya dugaan pelanggaran pemilu terkait suara “Parkir” dalam aplikasi resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU), yakni Sirekap.

“Jadi hari ini kami datang ke Bawaslu Kota Bandung untuk menyampaikan terkait dugaan adanya suara Parkir,” katanya Sabtu, (2/3).

Jhon mengungkapkan, adanya istilah “Parkir” dalam perhitungan suara, lantaran dirinya diduga telah mendapatkan suara yang dimasukan secara legal ke dalam aplikasi Sirekap.

“Kenapa disebut suara “Parkiran”?, Karena suara ini dimasukan secara legal ke dalam sistem KPU, diparkirkan di suatu tempat, setelah itu oleh mereka dipindahkan,” katanya

Dalam kesempatan itu juga, Jhon sekaligus menyerahkan bukti kepada Bawaslu, bahwa telah adanya suara parkir di dalam aplikasi Sirekap tersebut

“Kami memberikan screenshoot dari data yang ada, memang dari data Sirekap kami ambilnya, tapi itu kan data Sirekap. Itu juga difoto dari hasil di lapangan, berarti ada orang, ada petugas yang secara resmi menyampaikan foto itu. Berarti kalau misalnya dia menyampaikan konfirmasi sebelum dikirim ke server pusat, berarti kan data itu benar, benar-benar yang disampaikan oleh mereka,” ucapnya

Sementara, berdasarkan data yang dimilikinya, ia mencatat bahwa pada 16 Februari 2024 kemarin di website KPU untuk partai tertentu total perolehan suara adalah di bawah 40 suara.

Kemudian, pada data versi 16 Februari 2024 sekita pukul 12:04:49 WIB progress 53 TPS dari total 1186 TPS, suara pada partai tersebut berubah menjadi ratusan kali untuk tiap calegnya dengan total perolehan suara caleg menjadi 3.532.

Selanjutnya, pada 17 Februari 2024, berdasarkan data pukul 19:30:00 WIB progress 606 TPS dari total 1186 TPS, terjadi kembali penambahan suara untuk masing-masing caleg dengan total perolehan suara caleg menjadi 4.583.

Lalu, pada 20 Februari 2024 berdasarkan data pukul 08:00:00 WIB progress 626 TPS dari 1186 total TPS, total perolehan suara caleg untuk partai tertentu tersebut menjadi 4.586.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan