Hari Ini, KPU Jadwalkan Pleno Terbuka Hasil Perhitungan Suara Luar Negeri

JABAR EKSPRES – Hari ini, Rabu (28/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menjadwalkan rapat pleno terbuka untuk melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di luar negeri.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, memberi keterangan kepada wartawan di Jakarta pada Selasa kemarin bahwa rapat tersebut akan dimulai pukul 09.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta.

Adapun proses rekapitulasinya, akan dimulai dari hasil penghitungan suara yang telah diselesaikan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

“Kami akan mulai hari Rabu besok, tanggal 28 Februari 2024, pukul 9 pagi,” kata Hasyim, dikutip dari Antara.

Ia menuturkan bahwa dari total 128 PPLN di seluruh dunia, hingga hari ini sebanyak 36 PPLN telah siap hadir di Kantor KPU RI.

BACA JUGA: Pasca Pemilu 2024, 235 Petugas KPPS di Kabupaten Bandung Jatuh Sakit

Hasyim mengungkapkan bahwa rekapitulasi penghitungan suara tersebut bersifat rapat pleno dan terbuka, akan dihadiri oleh saksi-saksi peserta pemilu, termasuk saksi dari calon presiden dan wakil presiden serta partai politik.

Kemudian, kehadiran lainnya juga akan disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan para pemangku kepentingan lainnya.

Hasyim menjelaskan bahwa rapat pleno terbuka tersebut dapat diakses oleh siapa saja.

BACA JUGA:

Sebagai informasi, rapat pleno terbuka untuk hasil penghitungan suara Pemilu 2024 oleh PPLN telah berlangsung hingga 22 Februari lalu.

Sementara itu, rapat pleno di tingkat kecamatan akan berlangsung hingga 2 Maret.

Selanjutnya, rapat pleno tingkat kabupaten/kota akan berlangsung hingga 5 Maret 2024.

Lalu terakhir, rapat pleno terbuka untuk hasil perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional akan berlangsung hingga 20 Maret.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan