Gunung Semeru Erupsi Lagi, Muntahkan Abu 1000 Meter di Atas Puncak

JABAR EKSPRES – Gunung Semeru dikabarkan kembali mengalami erupsi dengan letusan setinggi 1 kilometer pada Selasa sore (27/2/2024) pukul 16.08 WIB.

Dilansir dari laman Antara, Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Sigit Rian Alfian, menyatakan Gunung Semeru yang mengalami erupsi memiliki tinggi letusan yang teramati mencapai sekitar 1.000 meter di atas puncak gunung atau sekitar 4.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sigit mencatat bahwa kolom abu vulkanik yang teramati memiliki warna kelabu dan intensitas tebal menuju ke arah barat.

Selain itu, erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 107 detik.

Hingga Selasa sore, terdapat catatan tiga kali erupsi dari gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Namun, hingga saat ini, erupsi tersebut belum mengganggu aktivitas warga yang berada di sekitar lereng Gunung Semeru.

Diperoleh informasi bahwa delapan jam sebelumnya, tepatnya pada pukul 08.04 WIB, Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl mengalami erupsi.

BACA JUGA: Gunung Semeru Muntahkan Abu Setinggi 700 Meter

Dengan tinggi kolom abu vulkanik yang teramati pada saat itu mencapai sekitar 600 meter di atas puncak gunung atau sekitar 4.276 meter di atas permukaan laut.

Adapun kolom abu vulkanik teramati memiliki warna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat.

Erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 121 detik.

Lalu pada pukul 5.56 WIB sebelumnya, Gunung Semeru meletus dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 300 meter di atas puncak atau setinggi 3.976 mdpl. Kolom abu terlihat berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah barat daya.

BACA JUGA: Catat! Inilah Pengalihan Jalan Dampak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Sejak 1 Januari hingga 27 Februari 2024 pukul 17.00 WIB, tercatat bahwa Gunung Semeru telah mengalami 76 kali letusan, ini tercatat . Informasi ini dicatat oleh petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru yang berlokasi di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan