Rapat Pleno Pemilu 2024 di Ciawi Bogor Ricuh hingga Nyaris Adu Jotos, Rapat Lanjutan di Hari Ini

BOGOR, JABAR EKSPRES – Rapat Pleno perhitungan suara Pemilu 2024 di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor sempat diwarnai kericuhan.

Proses Rapat Pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ciawi itu berlangsung di Gedung MPM, Desa Banjarsari, Minggu (25/2) kemarin.

Peristiwa kericuhan itu terjadi usai proses pembacaan hasil perhitungan suara yang diumumkan oleh PPK Kecamatan Ciawi.

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres di Lapangan, sejumlah relawan, simpatisan, dan tim pemenangan melakukan aksi protes. Hal ini menyebabkan cekcok antara tim pemenangan dengan Ketua PPK Ciawi, Linda Herlinawati tak bisa dihindarkan. Tak hanya itu, sejumlah relawan terlihat nyaris adu jotos dengan sejumlah saksi partai.

BACA JUGA: Heri Gunawan Kembali Unggul dari Caleg Partai Gerindra Lainnya di Akumulasi 3 kecamatan Dapil IV

Kericuhan ini dipicu lantaran diduga telah terjadi penggelembungan suara yang menguntungkan salah satu Caleg dan berdampak merugikan Caleg lainnya.

Beruntung personel keamanan dari Polsek Ciawi, Koramil Ciawi, dan Satpol PP sigap mengamankan situasi. Guna meningkatkan kondusifitas, pengamanan berlapis mulai disiagakan dengan menerjunkan sejumlah personel Brimob di lokasi.

Tak hanya itu, sejumlah massa pendukung masing-masing Caleg terus berdatangan ke lokasi gedung perhitungan suara Pemilu 2024 itu.

Proses rapat penyerahan dan penandatanganan berkas hasil perolehan suara pun tertunda hingga pukul 20.00 WIB. Namun lagi-lagi proses rapat penyerahan berkas tersebut ditunda oleh PPK dan akan dilanjutkan pada Senin, 26 Februari 2024 (hari ini).

BACA JUGA: Viral! Pleno Perhitungan Suara Pemilu di Tajurhalang Bogor Ricuh

Salah seorang saksi Caleg dari Partai Golkar, Riva mengungkapkan, dirinya setiap hari hadir untuk menyaksikan rapat rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di PPK Ciawi.

“Awalnya biasa saja , tidak ada perubahan, tapi kenapa tiba-tiba dalam rapat pleno pembacaan hasil suara salah satu caleg melonjak sampai 3 ribu lebih suara,” katanya kepada media.

“Padahal dalam C1 hanya mendapatkan 903 suara se-Kecamatan Ciawi,” sambungnya.

Hingga berita ini diterbitkan Ketua PPK Ciawi, Linda Herlinawati, belum memberikan keterangan apapun kepada media. (SFR)

BACA JUGA: Pemilu 2024: 8 Partai Pastikan Masuk Parlemen, Partai Debutan Masih Kejar Asa

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan