Angin Puting Beliung Terjang Kertasari Bandung, 27 Rumah Rusak

JABAR EKSPRES – Angin puting beliung kembali terjadi di Kabupaten Bandung, tepatnya di Kampung Citawa RW 23, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Sabtu, 24 Februari 2024 sekitar pukul 14.05 WIB.

Kapolsek Kertasari, Iptu Ahmad Nurdin membenarkan kejadian nahas itu terjadi di wilayahnya.

“Telah terjadi bencana alam angin puting beliung di wilayah Desa Tarumajaya, Kertasari yang mengakibatkan atap bangunan rumah warga masyarakat setempat mengalami kerusakan atau beterbangan,” ujar Ahmad saat dihubungi, Sabtu 24 Februari 2024.

Ahmad menjelaskan, dalam kejadian itu sebanyak 27 rumah mengalami kerusakan yang berada di Bedeng Perkebunan Purbasari Citawa.

“Jumlah unit rumah rusak sebanyak 27, yang rusak berat sebanyak 6 unit, 21 rumah mengalami rusak ringan bagian atap yang menggunakan seng,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, hanya berupa kerugian materil saja.

BACA JUGA: Sejumlah Bangunan Rusak hingga Pohon Tumbang Diterjang Angin Puting Beliung, BPBD Kabupaten Bandung Masih Lakukan Assesment

“Tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil saja,” tambahnya.

Adapun saat ini, kata Ahmad, pihaknya terus melakukan pendataan dan juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung terkait bencana angin puting beliung ini.

Selain itu, pihaknya pun terus melakukan pendataan semua kerusakan yang berada di lokasi terjadinya bencana alam itu.

“Kita terus melakukan Koordinasi dengan BPBD serta pihak lainnya terkait Bencana tersebut. Dan saat ini membantu warga masyarakat membersihkan puing-puing sisa atap bangunan oleh tim gabungan instansi terkait,” ungkapnya.

“Kemudian kita juga bersama Forkopimcam, ada dari Koramil, kecamatan maupun dari Puskesmas Kertasari dan perusahaan perkebunan beserta aparat desa dan masyarakat disini telah hadir dan mendata semua kerusakan yang ada di lokasi,” pungkasnya. (Agi)

BACA JUGA: Lemahnya Sistem Drainase, Musabab Sulitnya Tuntaskan Permasalahan Banjir di Kota Bandung

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan