Fadli Zon Komandoi Pembentukan Misi Khusus Parlemen Asia ke Raffah, Palestina

BOGOR, JABAR EKSPRES -Di tengah situasi kemanusiaan di Palestina yang semakin memprihatinkan setiap harinya, Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI yang merupakan focal point diplomasi parlemen, menyerukan perlunya langkah konkret parlemen dalam berkontribusi mewujudkan perdamaian di Palestina.

Hal ini disampaikan oleh Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon di dalam pertemuan khusus parlemen Asia yang tergabung dalam Asian Parliamentary Assembly (APA) di Baku, Azerbaijan, Jumat (23/02).

Dalam kesempatan yang sama, Fadli juga menyampaikan usulan DPR RI terkait ”Baku Declaration” yang merupakan hasil dari sidang pleno APA ini.

Ia mengusulkan agar deklarasi ini memuat poin terkait pentingnya peran Committee on Palestine atau Komisi Palestina, yang juga merupakan usulan Fadli di sidang eksekutif APA ke-1 di Antalya, Turki, November 2023 lalu.

BACA JUGA: Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina, Menhan RI Lepas KRI dr Radjiman

“Untuk dapat mengoptimalkan langkah diplomasi parlemen dalam menghentikan krisis kemanusiaan di Palestina melalui pembentukan misi khusus yang nantinya akan melaksanakan kunjungan ke Raffah, yang saat ini menjadi tempat para pengungsi mencari tempat aman dan keselamatan setelah aksi biadab dan kejam Israel yang meluluhlantakkan berbagai wilayah di Palestina,” katanya, Sabtu (24/2).

Usulan ini disambut baik dan diterima oleh seluruh anggota parlemen APA yang hadir, dan selanjutnya Fadli Zon ditunjuk secara aklamasi untuk menjadi pimpinan dalam misi kemanusiaan yang dilakukan oleh parlemen APA ini.

“Hal ini merupakan wujud kontribusi nyata DPR RI, yang selama ini senantiasa menyuarakan dukungan terhadap Palestina dan menentang berbagai tindakan ilegal dan melanggar hukum internasional yang dilakukan Israel dengan menargetkan masyarakat sipil, khususnya anak-anak, wanita, dan lansia,”tambahnya.

Fadli Zon yang juga Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Palestina menegaskan bahwa ia siap ikut mendorong terwujudnya perdamaian di Palestina melalui misi khusus kemanusiaan APA ini. (SFR)

BACA JUGA: Pemkab Bogor Salurkan Bantuan Rp2,3 Miliar untuk Palestina

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan