23 Statistik TikTok yang Harus Diketahui untuk Strategi Pemasaran 2024

17. Tingkat keterlibatan TikTok turun 35% dibandingkan tahun lalu.

TikTok tetap menjadi platform paling menarik, tetapi hal itu mungkin tidak akan bertahan lama. Saat ini, rata-rata tingkat keterlibatan TikTok berdasarkan jumlah pengikut turun sekitar 35% dari tahun ke tahun.

18. Sektor pendidikan memiliki tingkat keterlibatan tertinggi di TikTok.

Tingkat keterlibatan semakin bervariasi jika dikelompokkan berdasarkan industri. Sektor pendidikan adalah sektor yang paling terlibat di TikTok, mencapai tingkat keterlibatan pengikut sebesar 4,90%. Sektor lain dengan keterlibatan tinggi antara lain minuman, hotel dan penginapan, maskapai penerbangan, dan makanan.

Statistik TikTok untuk Bisnis

Haruskah merek Anda ada di TikTok?Apa dampak TikTok terhadap merek Anda? Ada banyak manfaat menggunakan TikTok untuk bisnis Anda, tetapi penting untuk terlebih dahulu memahami bagaimana audiens Anda menggunakan platform tersebut.
22. 71,2% pengguna TikTok Shop membeli sesuatu setelah melihatnya di feed mereka.

Pembeli TikTok menggunakan aplikasi ini dengan berbagai cara, 71,2% membeli produk setelah menemukannya di feed atau story mereka, 58,2% menggunakan aplikasi untuk inspirasi belanja, 45% membeli melalui rekomendasi influencer berbayar, dan 39,1% menemukan produk yang tersedia di toko TikTok yang dicari secara aktif.

19. TikTok adalah platform terkemuka untuk pembelian impulsif

55% pengguna TikTok telah melakukan pembelian impulsif di platform tersebut. Diikuti oleh 46% pengguna Instagram, 45% pengguna Facebook, dan 43% pengguna X/Twitter yang melakukan pembelian impulsif melalui aplikasinya masing-masing.

20. 49% pengguna Gen Z melakukan pembelian di TikTok

Hal ini menjadikan TikTok sebagai platform belanja terbesar kedua untuk Gen Z setelah Instagram Pembeli TikTok dikelompokkan berdasarkan generasi:  49% Gen Z (18-26), 36% Milenial (27-42), 23% Generasi X (43-58), dan 9% generasi Baby Boomer (59-77).

Jika Anda mempertimbangkan untuk bekerja dengan influencer sebagai bagian dari strategi TikTok Anda, ingatlah statistik pemasaran influencer ini.

21. 61% pemasar menggunakan TikTok untuk pemasaran influencer.

TikTok adalah aplikasi media sosial terpopuler ketiga untuk pemasaran influencer setelah Instagram dan YouTube. 61% pemasar mengatakan mereka menggunakan TikTok untuk berkolaborasi dengan influencer.

22. Secara umum rate influencer di TikTok adalah sebagai berikut:

  • Nano-influencer (1k-10k pengikut): Rp300 ribu- Rp 2 juta
  • Mikro-influencer (10k-50k pengikut): Rp500 ribu – Rp 6 juta
  • Influencer menengah (50k-500k pengikut): $Rp 10 juta -Rp 25 juta
  • Makro-influencer (500k-1m pengikut): Rp25 juta -Rp 50 juta
  • Mega-influencer (1 juta+ pengikut): Rp25 juta++

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan