Hasil QC LS Vinus: Golkar Amankan 2 Kursi di Dapil Jabar V Kabupaten Bogor

BOGOR, JABAR EKSPRES – Lembaga Survei Visi Nusantara (LS Vinus) melakukan quick count atau perhitungan cepat calon DPR RI Dapil V Jawa Barat, Kabupaten Bogor untuk menghitung potensi sembilan kursi di Senayan.

Ketua Yayasan Visi Nusantara Maju, Yusfitriadi memaparkan Partai Golkar berpotensi besar mendapatkan dua kursi dari sembilan jatah kursi DPR RI. Dua Kursi itu yakni di kursi kedua dan kursi kesembilan.

Partai Golkar meraih suara sebanyak 410.180 suara dari quick count. Suara itu menjadikan Golkar di posisi kursi kedua setelah Gerindra yang meraih 518.270 suara di kursi pertama.

Di kursi kesembilan, Golkar kembali berpotensi menduduki kursi keduanya. Sebab, perolehan suara Golkar di kursi kesembilan sedikit lebih tinggi dari pada PPP.

BACA JUGA: Survei LS Vinus: 72 Persen DPRD Kabupaten Bogor akan Dihiasi Wajah Baru

Berdasarkan Metode Sainte-Laguë, suara Golkar kembali menduduki kursi keduanya di urutan ke sembilan dengan raihan suara partai yang dibagi 3 dengan kursi pertama, yakni sebanyak 136.726 suara. Suara kursi kesembilan itu lebih tinggi dari suara PPP yang hanya 130.966.

Namun, partai PPP dimasukkan menjadi potensi pemilik kursi ke sembilan karena suaranya tipis dan margin of error berada sekitar 3%.

“PPP hari ini beda tipis dengan Golkar, lebih tinggi golkar di kursi 9, jadi memungkinkan dapat kursi ke sembilan walaupun di bawah Golkar karena margin of errornya 3 persen,” kata dia, Rabu (21/2).

PPP hanya bisa berharap pada suara dari margin of error itu, sehingga harapan kecil mendapatkan kursi ke sembilan bisa terealisasi.

“Kalau PPP naik di 3 persen, PPP yang naik di kursi ke sembilan, tapi kalau PPP turun, Golkar yang berpotensi dapat kursi ke sembilan, itu sangat mungkin,” jelasnya.

BACA JUGA: LS Vinus Gelar Diskusi dengan Tema “Para Artis Ngapain Nyaleg?”

Dalam Prediksi dari hasil quick count itu juga disampaikan bahwa partai Demokrat tidak mendapatkan kembali kursi. Malah, Nasdem yang mendapatkan satu kursi mengganti Demokrat di Parlemen.

Sebagai informasi, quick count itu dilakukan di 14.000 TPS se-Kabupaten Bogor dengan margin of error 3 persen. Berikut hasil lengkap quick count LS Vinus untuk DPR RI Dapil V Jawa Barat Kabupaten Bogor:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan