Bonus Atlet yang Tertunda Segera Cair, Pemda KBB Siapkan Rp15 Miliar

JABAR EKSPRES – Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk membayar bonus atlet yang tertunda satu tahun lamanya.

Seperti diketahui, bonus atlet diberikan kepada peraih medali pada Porprov 2022, Peparda 2022, Sea Games Kamboja 2023, dan Asian Games Tiongkok 2022 yang pelaksanaannya di tahun 2023.

Akan tetapi, karena keterbatasan anggaran, Pemda KBB baru membayar 25 persen dari bonus yang dijanjikan.

“Kita siapkan dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2024 sebesar Rp15 miliar,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) KBB, Imam Santoso, Rabu 21 Februari 2024.

Menurutnya, bonus bagi atlet peraih medali berbeda-beda. Bagi atlet perorangan peraih medali emas Rp50 juta, untuk atlet yang bermain ganda atau dobel mendapat Rp35 juta dan beregu Rp25 juta.

Sementara, untuk peraih perak perorangan Rp50 juta, atlet ganda Rp20 juta, dan perak beregu Rp15 juta. Sedangkan peraih perunggu perorangan Rp15 juta, atlet dobel atau ganda Rp10 juta, dan beregu Rp10 juta.

BACA JUGA: Puluhan Mahasiswa Penerima Beasiswa dari Pemda KBB Terancam Putus Kuliah

“Bonus juga diberikan untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas sebesar Rp35 juta, perak Rp20 juta dan perunggu Rp15 juta. Untuk asisten pelatih mendapat bonus Rp7,5 juta, dan mekanik Rp5 juta,” katanya.

“Insya Allah bila semuanya berjalan lancar, harapannya akan diberikan sebelum Idulfitri atau bulan puasa mendatang. Kami pun sebenarnya dari dulu ingin segera membayarkan bonus bagi atlet dan pelatih, namun karena keterbatasan anggaran sehingga tertunda sampai setahun,” tambahnya.

Ia menyebut, salah satu penyebab tertundanya pembayaran bonus atlet Porprov 2022 karena waktu pelaksanaannya di akhir tahun. Sementara penyusunan perencanaan anggaran 2023 sudah selesai pada Juli-Agustus.

“Kita kan enggak tahu berapa medali yang akan diraih. Makanya ketika itu hanya dianggarkan Rp5 miliar, tapi kenyataannya medali yang diraih jauh lebih banyak. Hitungan kita, bonus untuk Porprov , Peparda, Sea Games, dan Asian Games totalnya mencapai Rp20 miliar, sementara yang baru dibayarkan 25 persennya,” ungkap Imam.

Diketahui, pada Porprov Jabar 2022 kontingen KBB meraih 49 medali emas, 72 medali perak, dan 108 medali perunggu atau total 229 medali. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan