Jadwal dan Keutamaan Puasa Nisfu Syaban 2024

JABAR EKSPRES – Malam Nisfu Syaban merupakan momen istimewa di pertengahan bulan Syaban yang dihormati umat Islam dengan melakukan puasa.

Di tengah-tengah kesibukan, banyak yang bertanya, kapan tepatnya puasa Nisfu Syaban 2024?

Baca juga : Keistimewaan Nisfu Syaban dan Amalan-amalan yang Dianjurkan!

Dikutip dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun, banyak ulama menyarankan umat Islam untuk berpuasa di pertengahan bulan sebelum malam Nisfu Syaban, hal ini mengikuti anjuran Rasulullah SAW.

“Jika tiba waktu malam nisfu Sya’ban, maka beribadahlah dimalamnya dan puasalah disiangnya, karena sesungguhnya Allah Ta’ala menurunkan rahmat-Nya…”

Malam Nisfu Syaban, jatuh pada tanggal 14 Syaban dalam kalender Islam, bertepatan dengan Sabtu, 24 Februari 2024. Sedangkan puasa Nisfu Syaban dapat dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2024.

Niat Puasa Nisfu Syaban

Bagi umat Islam yang berniat melaksanakan puasa Nisfu Syaban, berikut ini niat yang dapat dilafalkan pada malam dan siang hari.

1. Niat Puasa Nisfu Syaban Malam Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya’bana lillâhi ta’âlâ.”

2. Niat Puasa Nisfu Syaban Siang Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Sya’bana lillâhi ta’âlâ.”

3. Keutamaan Puasa Nisfu Syaban

Puasa Nisfu Syaban memiliki keutamaan besar di antaranya adalah mendapatkan syafaat Rasulullah SAW pada hari kiamat. Syekh Nawawi Al-Bantani menyatakan:

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat.”

Baca juga : 8 Amalan Ringan Berpahala Besar, Ada yang Sudah Kamu Lakukan?

Dengan begitu, mari kita persiapkan diri dan hati untuk menyambut puasa sebelum malam Nisfu Syaban 2024, semoga kita semua diberkahi dan diberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan