6 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan, Nomer Satu Paling Banyak

JABAR EKSPRES – Meski sudah malewati musim hujan, namun saat ini curah hujan masih sangat tinggi. Bahkan hujan yang melanda beberapa hari terakhir mengakibatkan bencana banjir dibeberapa daerah dan rawan terjadinya penyakit. Berikut ada beberapa penyakit yang selalu menyerang saat musim hujan yang perlu kita waspadai.

Musim hujan dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, ini berkaitan dengan kondisi lingkungan yang lembab dan perubahan suhu.

Terutama bagi yang kurang menjaga kebersihan lingkungan dan tubuhnya. Berbagai penyakit karena musim hujan ini selalu menjadi keresahan warga.

Baca juga : Waspada! Penyakit Kulit Ini Bisa Menyerang saat Musim Hujan

Karenanya banyak upaya telah dilakukan pemerintah untuk mensosialisasikannya agar warga juga melakukan upaya pencehagan bersama.

Berikut adalah beberapa macam penyakit yang umum terjadi selama musim hujan beserta cara mencegahnya:

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyebab utama Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah dari Virus dengue, yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Gejala yang timbul dari penyakit ini adalah demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, pendarahan.

Cara Mencegahnya bisa dengan menggunakan kelambu saat tidur, memakai pakaian yang menutupi tubuh, menguras tempat-tempat penampungan air, dan menghindari genangan air di sekitar rumah.

2. Flu dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Penyebab utamanya adalah Virus influenza dan virus lainnya yang menular melalui droplet pernapasan.

Gejala umum dari flu ini adalah demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, nyeri otot.

Adapun cara mencegah adalah dengan mencuci tangan secara teratur, menjaga kebersihan lingkungan, menghindari kontak dengan orang yang sakit, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan pola makan yang sehat.

3. Diare

Penyebab diare biasanya dari Bakteri, virus, atau parasit yang terkontaminasi dalam makanan atau minuman.

Gejala yang terlihat dari pasien diare biasanya selain buang air dnegan intensists sering juga disertai muntah, demam, dehidrasi.

Agar terhindar dari diare kita bisa mencuci tangan dengan sabun secara teratur, memasak makanan secara menyeluruh, memperhatikan kebersihan air minum, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan