6 Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan, Nomer Satu Paling Banyak

4. Leptospirosis

Merupakan penyakit yang disebabkan dari Bakteri Leptospira yang hidup di air yang terkontaminasi oleh urin hewan yang terinfeksi.

Penderita leptospirosis biadanya mengalami demam, sakit kepala, nyeri otot, mual, muntah, kuning pada kulit dan mata.

Agar terhindar dari penyakit ini sebaiknya menghindari kontak langsung dengan air yang terkontaminasi, menggunakan alas kaki saat berjalan di daerah yang tergenang air, dan membersihkan luka dengan benar jika terpapar air yang terkontaminasi.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan di Puncak Musim Hujan Agar Terhindar dari Risiko Penyakit

5. Penyakit Kulit (Misalnya, Dermatitis, Kurap, dan Jamur Kuku)

Lingkungan yang lembap dan kondisi kebersihan yang buruk sangat berpotensi memunculkan penyakit ini.

Gejalanya sangat kentara yakni terjadi gatal-gatal, kemerahan pada kulit, ruam, perubahan warna atau tekstur kulit, bercak atau lesi pada kulit.

Untuk mencegahnya kita harus selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, menghindari kontak langsung dengan air yang terkontaminasi, mengeringkan tubuh dan kaki dengan baik setelah terpapar air.

6. Penyakit Mata (Misalnya, Konjungtivitis atau Mata Merah)

Meski angkanya tidak se signifikan penyakit lain, namun setiap kali musim hujan, keluhan sakit mata selalu mengalami lonjakan.

Penyebabnya diantaranya adanya bakteri, virus, atau alergi yang menular melalui kontak dengan mata yang terkontaminasi.

Penyakit mata bisa dilihat dari gejalanya yang mengalami mata merah, gatal, berair, sensasi terbakar atau terasa seperti ada benda asing di mata.

Adapun cara mencegah yakni dengan menghindari menyentuh mata dengan tangan yang kotor, tidak berbagi alat-alat makeup atau peralatan kontak mata, menjaga kebersihan lingkungan.

Musim hujan ini sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta mengikuti praktik-praktik kebersihan yang baik untuk mencegah penyakit-penyakit yang umum terjadi selama musim hujan.

Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, segera berkonsultasi dengan profesional medis, agar segera mendapatkan penanganna dan tidak sampai menular.

Tinggalkan Balasan