PSC Bersih-Bersih, UPT Kebersihan Bandung Timur Tanyakan Gunungan Sampah

 

JABAR EKSPRES  – Gunungan sampah di sejumlah titik di area Pasar Sehat Cileunyi (PSC), Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung akhirnya dibersihkan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung melalui Kepala UPT Kebersihan wilayah Bandung Timur, Rana Sutrisna mengatakan, sekarang PSC telah terbebas dari sampah.

“Saat ini, tidak ada lagi tumpukan atau gunungan sampah di area Pasar Sehat Cileunyi, karena memang sudah dibersihhkan dari hari Selasa (13/2/2024) kemarin,” kata Rana, Kamis (15/2).

Menurutnya, sebagai pihak yang menangani persampahan di wilayah Kecamatan Rancaekek dan Cileunyi ini menilai, cukup khawatir jika gunungan sampah pasca Opsih kembali muncul.

“Jika muncul kembali gunungan-gunungan sampah di area Pasar Sehat Cileunyi salah siapa?,” ucap Rana.

Diketahui, Operasi Pembersihan (Opsih) gunungan sampah tersebut, membutuhkan upaya yang cukup besar. Sebab, truk tronton dan alat berat harus diterjunkan.

Puluhan kubik sampah di PSC tersebut, ditarik dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

“Opsih sampah di PSC sudah dilakukan dan saat ini sudah bersih. Apakah pengelola PSC, paguguban pedagang, kecamatan, desa dan pengurus RW setempat bisa menindaklajuti?,” bebernya.

Diketahui, cerita tumpukan dan gunungan sampah di PSC tak pernah selesai. Sampah yang dibuang ke TPS PSC selain dari pedagang, juga banyak sampah rumah tangga dari luar yang dibuang ke PSC.

Dampak tumpukan dan gunungan sampah di PSC, jalan di PSC pun tertutup sampah di dua titik.

Bahkan sampah yang bau menyengat dan dipenuhi lalat serta belatung ini menyumbat saluran air sehingga jika hujan PSC pun tergenang banjir.

Ditegaskan Rana, mengingat persoalan gunungan sampah selalu terjadi, maka yang kerap disalahkan yakni UPT Kebersihan.

“Opsih sampah di PSC beberapa dilakukan, setelah itu muncul lagi tumpukan sampah,” pungkasnya. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan