Ratusan ASN Masuk Masa Pensiun, BKPSDM KBB Lakukan Langkah Ini

JABAR EKSPRES – Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebanyak 8.966 orang. Dari jumlah itu, akan ada 424 orang ASN yang pensiun pada tahun ini.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat, 8.966 ASN itu terbagi, 6.264 PMS dan 2.702 PPPK.

Untuk mengisi kekosongan kouta tersebut, BKPSDM KBB mengusulkan 450 formasi calon aparatur negara (CASN) tahun 2024. Sebagian besar usulan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Dari 450 kouta yang kami usulkan, untuk CPNS hanya 27 orang untuk tenaga teknis. Sebagian besar untuk PPPK, yaitu untuk tenaga guru 40 formasi, 37 tenaga kesehatan, dan 346 tenaga teknis,” kata Agustina Piryanti saat dihubungi, Senin (5/2/2024).

BACA JUGA: Pj Bupati Ingatkan ASN KBB Jangan Terlibat Politik Praktis

Menurutnya, ASN yang pensiun, berasal dari berbagai jabatan. Mulai dari jabatan fungsional hingga jabatan tinggi.

Karena itu, jumlah PNS yang pensiun, kata dia, penting untuk disampaikan karena berhubungan dengan kebijakan pemerintah dalam penerimaan seleksi ASN. Menurut dia arah kebijakan penerimaan PNS maupun ASN tidak hanya didasarkan atas jumlah orang yang pensiun, melainkan pada keterampilan dan kebutuhan.

“Memang ada kekurangan pegawai, namun sampai saat ini Insya Allah kinerja pemerintah masih dapat berjalan dengan baik. Dikarenakan adanya kolaborasi tim kerja untuk dapat mengisi kekurangan tersebut,” ujarnya.

“Jadi tidak perlu menambah pegawai baru. Kami memanfaatkan pegawai yang ada,” tambahnya.

BACA JUGA: ASN KBB Diimbau Netral, Arsan Latif: Ada Sanksi Hingga Bisa Dipecat

Sementara itu, dikutip dari laman BKN, pemerintah pusat akan membuka seleksi bagi 2,3 juta formasi CASN tahun 2024. Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi tersebut akan dimulai pada Maret mendatang.

“Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan Seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode,” ujar Haryomo.

Disebutkan, pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS dan seleksi kedinasan pada periode I akan dimulai pada minggu ketiga bulan Maret 2024. Sedangkan pada periode II akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan