Satpol-PP Kabupaten Bogor Gelar Apel Siaga Pemilu, Ini Pesan PJ Bupati Bogor

BOGOR, JABAR EKSPRES – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) se-Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menjelaskan, apel ini menunjukan kesiapan melaksanakan tugas-tugas pengabdian yang di emban sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Satpol PP memiliki peran penting dan strategis dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Sembilan hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024. Terkait hal ini maka, tugas utama Satpol PP memastikan pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Bogor berjalan dengan lancar, aman, tertib, dan kondusif. Salah satunya adalah menjaga keamanan logistik Pemilu,”katanya kepada media, Senin (5/2).

BACA JUGA: Disindir Blank Spot oleh Gibran, Pemkab Bogor Sanggah Begini

Asmawa menuturkan, kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi memiliki dua indikator, pertama terciptanya kondusifitas wilayah.

Satpol PP adalah kepanjangan tangan dari Pemkab Bogor untuk menjaga keamanan. Maka harus selalu bersinergi dengan stakeholder terkait, terutama TNI dan Polri.

“Indikator sukses kedua adalah adalah tingginya partisipasi politik masyarakat pada Pemilu 2024, Hak konstitusi yang sudah dijamin negara dalam rangka memimpin bangsa lima tahun kedepan wajib digunakan. Satu suara saja menjadi penting untuk masa depan bangsa ini,”tambahnya.

Asmawa menegaskan, jajaran Satpol PP juga harus menjadi corong untuk mengedukasi masyarakat yang sudah memiliki hak suara, minimal di lingkungan keluarganya. Sampaikan bahwa Pemilu itu penting, jadi jangan sampai tidak memilih atau golput.

BACA JUGA: Survei LS Vinus: 72 Persen DPRD Kabupaten Bogor akan Dihiasi Wajah Baru

“Saya minta beri pemahaman dan pengertian kepada masyarakat untuk sama-sama memberikan hak suaranya ke TPS. Partisipasi politik masyarakat menjadi penting karena posisi Kabupaten Bogor bukan hanya jadi daerah penyangga ibu kota tetapi memiliki posisi yang strategis. Maka harus menjadi yang terbaik dalam melaksanakan pesta demokrasi ini,”lanjutnya.

Ia menambahkan, Satpol PP melaksanakan fungsi pelayanan dasar pemerintahan yaitu memastikan ketentraman, ketertiban, keamanan dan perlindungan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan