NKRI Darurat Masalah Kesehatan, Prabowo: Indonesia Kekurangan 140 Ribu Dokter

JABAR EKSPRES – Pada debat Pilpres kelima yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Kawasan GBK, Tanah Abang, Minggu (4/2/2024), Calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebutkan saat ini Indonesia tengah krisis dokter spesialis, terutama di beberapa rumah sakit Kabupaten.

Ia menyampaikan saat ini Indonesia mengalami kekurangan hingga 140 ribu dokter. Hal tersebut menjadi masalah yang cukup serius untuk masyarakat Indonesia mengingat harapan hidup manusia Indonesia saat ini berada di urutan 10 dari 11 negara Asean.

“Jadi saya lebih ke arah solutif langsung dan cepat, masalah kesehatan di Indonesia adalah kurangnya dokter, kita kurang 140 ribu dokter itu utama,” paparnya, dikutip dari disway.id

“Bayangkan kalau ada yang kena struk atau serangan jantung dua sebab yang paling besar kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau spesialis struk,” tambahnya.

Prabowo juga menyebutkan tidak adanya perlengkapan yang memadai di beberapa rumah sakit, khususnya di kabupaten untuk menangani masalah penyakit yang serius.

BACA JUGA: Kalahkan Liverpool, Arsenal Tempel Ketat The Reds di Puncak Klasemen Sementara Liga Premier Inggris

“Tidak ada perlengkapan-perlengkapan yang memadai, CT scan, PET scan, jarang ada di kabupaten. Ini harus kita atasi dan ini bisa kita atasi jadi solutifnya demikian,” tuturnya.

Bahkan dalam preventif, Prabowo lagi-lagi menyebutkan program unggulannya, yaitu makan siang dan susu gratis yang diberikan kepada anak-anak hingga ibu hamil.

“Yang paling penting dalam preventif adalah makan bergizi untuk anak-anak dan ibu yang melahirkan,” tuturnya.

“Makan bergizi ini mengingatkan daya tahan imunitas mencegah penyakit ini adalah strategis sekali makan bergizi untuk anak-anak Indonesia,” jelasnya.

Diketahui, Prabowo Subianto baru saja menyelesaikan rangkaian debat Pilpres kelima yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ini menjadi debat terakhir yang dijalankan mengingat pada 14 Februari 2024, pesta demokrasi lima tahunan akan segera dilangsungkan.

BACA JUGA: Relawan Prabowo Gibran Jabar, Rela Terjun ke Jalan Berpakain Unik untuk Tarik Dukungan

Adapun tema besar yang diusung pada debat Pilpres Kelima, yaitu kesejahteraan sosial, pembangunan SDM dan Inklusi dengan enam subtema, pendidikan, kesehatan ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial dan Inklusi. (Mg/Winda Putri Prahmawati)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan