Rekomendasi Tempat Wisata Dalam Negeri untuk Merayakan Imlek

JABAR EKSPRES – Tidak terasa, perayaan Tahun Baru China hampir tiba. Sudah mencari rekomendasi tempat wisata untuk mengisi waktu luang pada perayaan Imlek kali ini?

Perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa ini selalu dirayakan dengan tradisi unik, mulai dari persiapan makanan khas hingga berkumpul bersama keluarga.

Baca juga : Dilema Pengembangan Wisata dan Hutan Konservasi Tahura Bandung

Bagi mereka yang tidak merayakan, hari libur Imlek bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi destinasi wisata menarik di seluruh Indonesia.

Dengan beragam tempat seperti wihara dan kawasan pecinan, pengunjung dapat merasakan atmosfer tradisional masyarakat Tionghoa.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Imlek yang dilansir dari berbagai sumber pada Jumat, (02/02/2024).

1. Kawasan Pecinan Petak Sembilan, Jakarta

Kawasan Pecinan Petak Sembilan, Jakarta, adalah destinasi Imlek yang pertama direkomendasikan.

Tempat ini merupakan kawasan dengan gang-gang sempit dan pasar di daerah Glodok, tempat ini menyimpan Kelenteng dan menawarkan wisata kuliner yang khas Pecinan.

Glodok, yang juga dikenal sebagai Chinatown Jakarta, merupakan pecinan tertua di ibu kota Jakarta.

Anda dapat mengunjungi Pasar Petak Sembilan atau berkeliling ke kelenteng-kelenteng di sekitar Glodok saat merayakan Tahun Baru Imlek untuk merasakan suasana yang berbeda.

Sementara itu, Gang Gloria di sana menawarkan berbagai hidangan seperti Lontong Kari Medan dan Bakmi Amoy.

Tetapi, bagi Muslim, perlu berhati-hati karena terdapat makanan non-halal di tempat ini.

2. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong, yang terletak di Jalan Simongan No. 129, Semarang, adalah tempat ibadah sekaligus wisata yang sangat populer.

Didirikan untuk menghormati Laksamana Cheng Ho, kelenteng ini menawarkan arsitektur khas Tionghoa dan menjadi destinasi menarik selama perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Kelenteng Sanggar Agung, Surabaya

Kelenteng Sanggar Agung, yang terletak di Jalan Sukolilo No. 100, Surabaya, juga menjadi destinasi wisata menarik.

Dikenal dengan Patung Dewi Kwan Im setinggi 20 meter, kelenteng ini memiliki arsitektur unik yang mencampurkan gaya Tionghoa dan Jawa.

4. Kampung Ketandan, Yogyakarta

Kampung Ketandan, yang terletak di Malioboro, Yogyakarta, adalah salah satu pecinan di kota ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan