Ini 3 Sosok Mulia yang Ditemui Nabi Muhammad Saat Perjalanan Isra Mi’raj

JABAR EKSPRES – Perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ternyata tidak hanya untuk mendapatkan perintah Sholat.

Perjalanan Isra Mi’raj yang agung tersebut merupakan salah satu peristiwa luar biasa, yang hanya terjadi pada utusan Allah yang terpilih.

Banyak hal ditemui oleh Rosulullah saat perjalanan penting tersebut, salah satunya pertemuan dengan 3 sosok mulia, yang juga Rosul utusan Allah. 3 Rosul tersebut adalah Nabi Musa, Isa, dan Ibrahim ‘alaihimussalam.

Dilansir dari laman kisahmuslim, salah satu riwayat yang menjelaskan pertemuan ini adalah riwayat dari Ahmad dari Ibnu abbas radhiallahu ‘anhuma, ia berkata,

لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِنَبِيِّ اللهِ صلى الله عليه وسلم، دَخَلَ الجَنَّةَ، فَسَمِعَ مِنْ جَانِبِهَا وَجْسًا، قَالَ: يَا جِبْرِيلُ مَا هَذَا؟ قَالَ: هَذَا بِلالٌ الْمُؤَذِّنُ. فَقَالَ نَبِيُّ اللهِ صلى الله عليه وسلم حِينَ جَاءَ إِلَى النَّاسِ: “قَدْ أَفْلَحَ بِلاَلٌ، رَأَيْتُ لَهُ كَذَا وَكَذَا”. قال: “فَلَقِيَهُ مُوسَى عليه السلام فَرَحَّبَ بِهِ، وَقَالَ: مَرْحَبًا بِالنَّبِيِّ الأُمِّيِّ. فَقَالَ: وَهُوَ رَجُلٌ آدَمُ طَوِيلٌ، سَبْطٌ شَعَرُهُ مَعَ أُذُنَيْهِ، أَوْ فَوْقَهُمَا فَقَالَ: مَنْ هَذَا يَا جِبْرِيلُ؟ قَالَ: هَذَا مُوسَى عليه السلام. قَالَ: فَمَضَى فَلَقِيَهُ عِيسَى، فَرَحَّبَ بِهِ، وَقَالَ: مَنْ هَذَا يَا جِبْرِيلُ؟ قَالَ: هَذَا عِيسَى. قَالَ: فَمَضَى فَلَقِيَهُ شَيْخٌ جَلِيلٌ مَهِيبٌ فَرَحَّبَ بِهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَكُلُّهُمْ يُسَلِّمُ عَلَيْهِ. قَالَ: مَنْ هَذَا يَا جِبْرِيلُ؟ قَالَ: هَذَا أَبُوكَ إِبْرَاهِيمُ”.

“Malam saat Nabi Allah shallallahu ‘alaihi wa sallam isra, beliau memasuki surga. Beliau mendengar ada suara di sampingnya. Nabi bertanya, “Hai Jibril, apa itu?” “Itu adalah Bilal sang muadzin.”, jawab Jibril. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di tengah khalayak, “Sungguh beruntung Bilal. Aku melihatnya demikian dan demikian.”

Baca juga :Selain Perintah Sholat, Ini 3 Wahyu Lain yang Diturunkan pada Nabi Muhammad Saat Perjalanan Isra Mi’raj

Ibnu Abbas melanjutkan, “Kemudian beliau berjumpa dengan Musa ‘alaihissalam. Musa menyambut beliau dengan gembira. Ia berkata, ‘Selamat datang kepada nabi yang buta huruf’. Kata Ibnu Abbas, ‘Musa adalah seorang yang sedang tingginya. Rambutnya lurus terurai hingga kedua telinganya. Atau di atasnya’. Nabi bertanya, ‘Siapa ini hai Jibril?’ ‘Ini adalah Musa ‘alaihissalam’, jawab Jibril.”

Ibnu Abbas melanjutkan, “Beliau berlalu. Kemudian berjumpa dengan Isa. Nabi Isa menyambut beliau dengan gembira. Nabi bertanya, ‘Siapa ini Jibril?’ Jibril menjawab, ‘Ini Isa’. Kemudian beliau berlalu. Beliau berjumpa dengan orang tua yang berwibawa. Ia menyambut nabi dengan gembira. Mengucapkan salam kepadanya. Dan mereka semua mengucapkan salam padanya. Nabi bertanya, ‘Siapa ini Jibril?’ Jibril menjawab, ‘Ini adalah ayahmu, Ibrahim’.” (HR. Ahmad 2324).

Dalam riwayat ini, kita dapat memahami perjumpaan dengan tiga orang nabi ini terjadi setelah beliau mendengar jejak kaki Bilal bin Rabah radhiallahu ‘anhu di surga.

Dengan demikian, pertemuan ini bukan pertemuan terdahulu. Bukan pertemuan yang terjadi di langit kedua, keenam, dan ketujuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan