Apa Itu Pinjaman Danacita Viral untuk Bayar UKT? Ini Kata OJK

Danacita merupakan Penyelenggara Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) yang telah mendapatkan izin resmi dari OJK pada tanggal 2 Agustus 2021. Perusahaan ini memiliki fokus utama dalam memberikan layanan pembiayaan pendidikan.

Menurut keterangan dari Danacita, mereka telah melakukan kerja sama dengan ITB untuk menyediakan fasilitas pendanaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa ITB.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk memberikan opsi bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran UKT, sehingga memberikan solusi alternatif bagi mereka.

Pinjaman baru disetujui jika ada pengajuan dari mahasiswa yang bersangkutan dan telah melewati proses analisis kelayakan oleh Danacita. Menurut penelitian OJK, manfaat ekonomi yang dikenakan oleh Danacita, termasuk suku bunga, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam SEOJK Nomor 19/SEOJK.06/2023.

Danacita juga mengungkapkan bahwa kerjasama mereka dengan ITB dalam penyediaan fasilitas pembiayaan bagi mahasiswa bukanlah yang pertama kali, tetapi mereka telah melakukan hal serupa dengan perguruan tinggi lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa Danacita telah menjalin kemitraan dengan berbagai institusi pendidikan untuk menyediakan solusi pembiayaan bagi mahasiswa.

Sebagai tindak lanjut, OJK telah meminta Danacita untuk tetap memperhatikan aspek kehati-hatian dan transparansi dalam penyaluran pembiayaannya.

“Lebih meningkatkan edukasi kepada mahasiswa mengenai hak dan kewajiban konsumen, termasuk aspek risikonya dan seluruh aspek pelindungan konsumen lainnya. Secara periodik OJK akan memantau pelaksanaan hal-hal tersebut,” kata OJK.

Adapun warganet lain ikut merespon soal viralnya Danacita ini.

Respon Warganet Soal Viral Danacita

“nyicil skema 12 bulan -> kuliah 4 bulan -> bulan keenam nyicil lagi buat ukt smt depan, sementara yg sebelumnya belum selesai dibayar 😀,” tulis akun @abde**.

“Paylater dulu jooonnn, entar BI check nya meskipun masih fresh grad, tapi udah punya utang wkwkwkwk,” tulis @arz**.

“Melihat logo AFPi, sudah pasti ini pinjol,” tulis @OTE**.

“ini program pemerintah kerjasama sama financing, modelannya kayak student loan, itb kaga terima apa apaan wkwkwk,” tulis warganet @ibam**.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan