Apa Itu Pinjaman Danacita Viral untuk Bayar UKT? Ini Kata OJK

JABAR EKSPRES – Viral pinjaman Danacita di media sosial untuk bayar UKT, seperti apa skemanya? Simak informasi berikut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meminta penjelasan dari PT Inclusive Finance Group (Danacita) mengenai informasi viral di masyarakat terkait penggunaan layanan Danacita untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Viral di platform media sosial X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, menyebutkan bahwa kampus ITB telah melakukan kerja sama dengan layanan pinjaman online Dana Cita untuk menyediakan opsi pembayaran uang UKT bagi mahasiswa.

Banyak pengguna internet mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap tingginya biaya bulanan yang dikenakan oleh platform tersebut.

Menurut informasi yang diambil dari laman resmi Danacita pada Jumat (26/1/2024), perusahaan tersebut mencantumkan sejumlah perguruan tinggi dan lembaga kursus yang menjadi mitra, termasuk ITB.

Viral Danacita Jadi Platform Pinjaman Bayar UKT

Pada unggahan di akun @itbfess pada Kamis (25/1/2024), terdapat sebuah brosur yang menyatakan bahwa Dana Cita telah menjadi mitra resmi dari ITB dan menawarkan opsi pembayaran dalam bentuk cicilan selama 6 atau 12 bulan.

Brosur tersebut juga menyebutkan bahwa proses pengajuan dapat dilakukan tanpa membayar uang muka atau DP (down payment) dan tanpa memberikan jaminan apapun.

Akun tersebut menuliskan, “Kami segenap civitas¬†akademik ITB mengucapkan “SELAMAT MEMBAYAR CICILAN BESERTA BUNGANYA.”

BACA JUGA: Syarat Daftar KIP Kuliah 2024, Bisa Dapat Rp 12 Juta Per Semester

Lalu Apa Itu Danacita?

Danacita adalah sebuah platform yang menyediakan solusi pendanaan bagi pelajar, mahasiswa, dan tenaga profesional untuk mengejar pendidikan tinggi dan program kejuruan.

Mereka mengklaim bertujuan untuk memberikan akses pendidikan yang terjangkau bagi semua orang dengan menyediakan pendanaan pendidikan. Ini mencakup para pelajar, mahasiswa, dan tenaga profesional yang ingin meningkatkan kapasitas diri.

Informasi ini sebagaimana dilansir dari laman resmi DanaCita, dikutip pada Sabtu (27/1/2024).

BACA JUGA: Lengkap! Cara Membuat Akun KIP Kuliah 2024 Secara Online: Persyaratan, Berkas Dokumen, dan Jadwal

Hasil Pemanggilan DanaCita oleh OJK

Dilansir dari akun X @ojkindonesia, pada 26 Januari 2024, OJK memanggil Danacita untuk mendapatkan penjelasan mengenai permasalahan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan