Luka-luka, Korban Kecelakaan Rombongan Peziarah di Saguling KBB Masih Dirawat

JABAR EKSPRES – 4 korban kecelakaan truk peziarah di Kampung Saleos, Desa Saguling, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih dirawat di Rumah Sakit Cahya Kawaluyan, Kota Baru Parahyangan.

Kepala Bagian IGD Rumah Sakit Cahya Kawaluyan, Herni Suharningsih mengatakan, empat pasien tersebut mengalami luka berat. Karena itu, keempatnya masih harus menjalani perawatan intensif.

“Mereka masih satu ikatan keluarga. Keempat pasien itu Ipah (53), Siti (22), Mizna (4) dan Najma (12), mereka mengalami luka berat di beberapa bagian tubuhnya,” kata Herni kepada wartawan, Sabtu (27/1/2024).

Diketahui, insiden kecelakaan ini menimpa 28 orang rombongan peziarah yang naik truk Mitsubishi (D 8304 WY). Akibat hal itu, sebanyak 5 orang meninggal dunia serta 23 orang luka-luka. Hingga saat ini, dari 23 orang luka, sebanyak 19 orang masih menjalani perawatan dengan rincian 13 orang di Rumah Sakit Hasan Sadikin dan 7 orang di Rumah Sakit Cahaya Kawaluyan.

Herni menerima RS Cahya Kawaluyan telah menerima korban kecelakaan sebanyak 6 pasien, pada Jumat 26 Januari 2024 pukul 02:41 WIB dini hari. Kemudian sekitar pukul 16:00 WIB, datang lagi satu pasein, sehingga total yang ditangani jadi 7 orang.

“Dari 7 pasien yang ditangani itu, mereka terdiri dari 2 orang dewasa dan 5 orang anak-anak. Ternyata mereka semua juga satu anggota keluarga. Kemarin 3 orang sudah pulih dan boleh pulang, karena keluarganya masih di sini dan mereka semua masih anak-anak, jadi mereka juga tetap di sini bersama keluarganya. Nah, kalau total yang dirawat tinggal 4 orang,” papar Herni.

Selain 4 orang yang masih menjalani pengobatan di RS Cahya Kawaluyan, korban luka-luka imbas kecelakaan juga dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin sebanyak 13 orang dan Klinik Assyidda, Desa Saguling sebanya 4 orang.

“Kalau di kita kemarin yang dirawat ada 4 orang. Sebanyak 3 orang sudah pulih dan dipulangkan, sedangkan satu orang pasien lagi pindah di rawat ke RS Cahya Kawaluyan karena keluarganya di sana. Pasien tersebut atas nama Najma, usia 12 tahun,” papar petugas medis Klinik Assyidda Saguling, Yeti Heryani.

Jika dirinci 28 korban kecelakaan rombongan peziarah di Jalan Raya Saguling-Cipongkor, sebanyak 17 orang masih dirawat di rumah sakit yakni 13 pasien di RSHS dan 4 pasien di RS Cahya Kawaluyan, sebanyak 6 orang sembuh pulang dari rumah sakit, dan 5 orang lainnya meninggal dunia. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan