Ini yang Disaksikan Nabi Muhammad di Langit Ke Tujuh saat Perjalanan Isra Mi’raj

JABAR ESKRPES – Perjalan Isra Mi’raj Nabi Muhammad merupakan peristiwa besar yang sangat penting bagi umat Islam. Hal ini juga menjadi pengalaman sangat berharga bagi Nabi Muhammad. Karena selama perjalanan tersebut, beliau bisa melihat berbagai macam isi surga dan neraka, termasuk tanda-tanda kebesaran Allah lainnya, seperti langit ke tujuh.

Dilansir dari laman kisahmuslim, perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad menunjukkan betapa tingginya derajat Rosulullah, sehingga menjadi satu-satunya manusia yang mendapatkan kepercayaan mengalami perjalanan maha dahsyat tersebut.

Banyak hal luar biasa yang didapat dari perjalanan tersebut, salah satunya ditampakkan perkara-perkara gaib yang tidak diketahu manusia selain beliau.

Allah Ta’ala berfirman:

لَقَدْ رَأَى مِنْ آيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى}

“Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” [Quran An-Najm: 18].

Berikut hal-hal gaib dan tanda-tanda kebesaran Allah yang beliau saksikan di langit ke tujuh.

1. Melihat malaikat Jibril dengan Wujud Aslinya

Penampakan Jibril ‘alaihissalam dengan wujud aslinya adalah salah satu dari tanda-tanda besar kekuasaan Allah.

Rasulullah menyaksikannya dalam perjalanan isra’ dan mi’raj.

Biasanya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu Jibril dalam wujud manusia. Ia sering datang dalam wujud Dihyah al-Kalbi radhiallahu ‘anhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَإِنَّهُ لَجِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ نَزَلَ فِي صُورَةِ دِحْيَةَ الْكَلْبِيِّ

“Sesungguhnya dia itu Jibril. Ia turun dengan tampilan Dihyah al-Kalbi.” (HR. An-Nasai dalam Kitab al-Iman wa Syara’ihi, Shifatul Iman wal Islam (11722) dishahihkan al-Albani).

Kedatangan Jibril dengan wujud manusia, apalagi dalam tampilan sahabat Nabi, adalah cara Allah dalam menjaga kondisi batin Nabi. Karena manusia akan merasa nyaman dengan manusia.

Efek psikis yang ditimbulkan saat berinteraksi dengan manusa, tentu akan berbeda dengan interaksi dengan malaikat. Apalagi dengan wujud asli mereka.

Baca juga : Bagaimana Mengimani Peristiwa Isra dan Mi’raj?

Tapi di lain sisi, Allah hendak memuliakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sesuatu yang istimewa. Sesuatu yang tak pernah kita dengar pernah terjadi pada keturunan Adam yang lainnya. Yaitu melihat Jibril ‘alaihissalam dengan wujud aslinya.

Apa yang beliau lihat kemudian dikabarkan kepada kita. Tentu hal ini menjadi ujian. Apakah kita akan membenarkan keajaiban yang beliau sampaikan. Atau malah menolaknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan