Perbasi Beri Peluang Pebasket Muda untuk Ikut Pelatihan di Lithuania

JABAR EKSPRES – Kamis (25/1/2024) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) membuka kesempatan untuk 100 pebasket muda pertama yang berusia 14 hingga 18 tahun untuk berlatih di sekolah basket di Lithuania, dalam upaya mengembangkan bola basket Tanah Air.

Pencarian talenta anak-anak pebasket muda akan dilakukan ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia dengan pemantauan pemain secara langsung oleh pelatih nasional.

“Scouting akan dilakukan selama tanggal 1 sampai 29 Februari. Kami mencari 100 pemain usia 14 hingga 18 tahun, kemudian dikumpulkan untuk diseleksi secara langsung, rencananya di Jakarta,” ungkap Nirmala Dewi, Sekjen PP Perbasi, dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip dari antaranews

Ia menyampaikan bahwa seleksi nasional ini rencananya akan dilakukan pada awal Maret. Kualitas para pemain muda ini nantinya akan dinilai langsung oleh pelatih rekomendasi federasi Bolabasket Lithuania.

BACA JUGA: Menangi Laga “All Indonesian”, Rehan/Lisa Lolos ke Babak 16 Besar Indonesian Masters 2024

“Dipilih Maret karena Lithuania fokus menyelesaikan babak kualifikasi EuroBasket Februari 2024. Setelah itu, pelatih dari Lithuania akan melakukan seleksi terhadap 100 pemain muda Indonesia,” tuturnya

Danny Kosasih, selaku Ketum PP Perbasi mengatakan bahwa dari hasil penjaringan bakat 100 pebasket muda ini akan diseleksi hingga menjadi 15 orang saja. Mereka yang terpilih ialah atlet yang memenuhi kriteria untuk mengikuti sekolah basket di Lithuania.

“Syarat utamanya adalah postur tubuh. Harus tinggi. Ini sesuai dengan hasil diskusi dengan federasi Bolabasket Lithuania,” jelasnya

Sebanyak 15 pemain yang lolos akan diberangkatkan ke Lithuania untuk mendapatkan tempaan langsung dari Pelatih Lithuania. Diharapkan, mereka nanti kembali dari Lithuania bisa menjadi satu tim yang bisa menjadi andalan masa depan Indonesia.

“Para pemain ini nanti akan berada di Lithuania selama enam bulan,” jelasnya

Danny mengatakan bahwa terkait usia maksimal 18 tahun yang dicari dimaksudkan agar Perbasi memiliki stok untuk kategori usia ini. Harapan untuk kedepannya yakni Perbasi dapat dengan leluasa menghadapi berbagai ajang internasional.

BACA JUGA: Resmi! Clippers Akan Menjadi Tuan Rumah NBA All Star 2026 di Markas Barunya

“Terdekat, kita akan hadapi SEABA U-18. Jika tim ini lolos maka akan lanjut berjuang di Piala Asia,” ucapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan