Gunungan Sampah di PSC Bandung Butuh 30 Truk Tronton untuk Pengangkutannya

JABAR EKSPRES – Operasi pembersihan sampah di Pasar Sehat Cileunyi (PSC), yang berlokasi di wilayah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung terus digenjot.

Sebelumnya, pelaksanaan operasi bersih sampah di kawasan PSC, baru dilakukan pengerukan menggunakan satu unit alat berat yang berlangsung sejak Rabu, 24 Januari 2024 kemarin.

Pengelola PSC dari PT Biladi Karya Abadi (BKA), Arman mengatakan, operasi pembersihan sampah yang sempat molor alias tak sesuai jadwal, kini dilakukan dua hari berturut-turut karena sampah telah menggunung.

“Opsih (operasi bersih) gunungan sampah kita menurunkan 1 unit alat berat dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Bandung, untuk mengeruk dan mengumpulkan sampah,” kata Arman pada Kamis (25/1).

“Kalau penarikan sampahnya, sekarang baru selesai ditarik sebanyak 5 ritase truk tronton pengangkut sampah,” lanjutnya.

Dijelaskan Arman, pengangkutan sampah sebanyak 5 truk tronton itu, dilakukan di area Selatan PSC pada kemarin sore.

“Tumpukan sampah masih ada di 2 titik arah Utara PSC masih menggunung,” jelasnya.

Diketahui, Pihak Pengelola PSC dari PT BKA mengklaim, sampah yang menggunung itu, sempat diwacanakan untuk dibersihkan menggunakan alat berat pada Sabtu, 20 Januari 2024 lalu.

Akan tetapi, melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, pembrsihan sampah tak sesuai dengan jadwal yang direncanakan, sehingga debit sampah semakin bertambah dan pembersihannya dijadwalkan ulang, yang berlangsung baru dua hari berturut-turut.

Arman menerangkan, apabila dilihat dari debit sampah yang menggunung di PSC, untuk pengangkutannya diprakirakan membutuhkan puluhan truk tronton.

“Ada sekitar 30 truk tronton nantinya di PSC untuk pengangkutan sampah, 1 truk tronton sampah itu sekitar 42 kubik,” terangnya.

Sebelumnya, pihak Pengelola PSC mengakui, untuk penumpukan sampah disebabkan karena tak hanya pedagang pasar saja yang membuang sampah ke TPS, namun warga luar pun dinilai kerap membuang sampah ke titik-titik area PSC.

“Memang benar kalau sampah di Pasar Sehat Cileunyi sekarang makin menumpuk di sejumlah titik,” bebernya.

Diketahui, kondisi Pasar Sehat Cileunyi semakin hari kian memprihatinkan. Pasalnya, selain sampah yang terus menumpuk di sejumlah titik, saat ini jika turun hujan area PSC kerap dihantui banjir karena saluran air yang tersumbat sampah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan