Unik! Tiga Kader PDIP Lakukan Kampanye Politik Hijau, Tukarkan Botol Plastik dengan Sembako

JABAR EKSPRES – Tiga Kader Partai PDIP, Sofia Yulinar, Apriyanto Wijaya dan Pironi Knight Grimaldi, mengusung kampanye politik hijau sebagai upaya menuju parlemen.

Kampanye politik hijau yang dilaksanakan di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung ini didatangi oleh ratusan orang.

Masyarakat yang datang ke Kampanye Politik Hijau ini bisa dengan mudah mendapatkan sembako hanya dengan bermodal botol plastik.

Adapun yang hadir dalam kampanye politik hijau ini yakni Sofia Yulinar, caleg DPR RI Dapil Jabar 2, Apriyanto Wijaya Caleg DPRD Provinsi Jabar dapil Jabar 2 dan Pironi Knight Grimaldi dari Dapil 3 Kabupaten Bandung.

Apriyanto menjelaskan, dalam kampanye politik hijau ini ratusan ibu-ibu dari Desa Cipanjalu masing-masing membawa 10 hingga 20 botol plastik yang tak terpakai. Kemudian mereka menukarkannya dengan sembako.

Menurutnya, kegiatan kampanye tersebut sebagai gerakan politik hijau dan sebagai bagian dari pendidikan politik terkait pemanfaatan limbah jadi berkah.

“Kami mengusung gerakan politik hijau, tukar botol plastik dengan sembako, total terkumpul sekira 100 kg botol plastik yang terkumpul dari beberapa tempat di Kabupaten Bandung dan ditukar dengan sembako,” ujar Apriyanto saat ditemui, Kamis (25/1/2024).

Apriyanto menambahkan, ketika masyarakat bisa menukarkan botol plastik tersebut, nantinya botol dari masyarakat akan didistribusikan untuk didaur ulang dan menjadi nilai ekonomi.

“Botol plastik itu akan kami distribusikan lagi untuk didaur ulang sehingga bisa kembali memiliki nilai ekonomis. Mengubah limbah jadi berkah,” katanya

Apriyanto menambahkan, gerakan politik hijau ini juga merupakan tindak lanjut dari visi dan misi yang dipaparkan oleh pasangan capres nomor urut 03 yakni Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, Sofia Yulinar, menambahkan, jika gerakan politik hijau ini sebagai bagian dari pendidikan politik warga di masa Pemilu 2024.

Terlebih dirinya juga ingin menyampaikan pesan soal lingkungan dengan mengubah limbah plastik menjadi berkah untuk masyarakat.

“Kami tidak hanya ingin sekedar memberi sembako, tapi kami juga ingin menyampaikan pesan soal lingkungan dengan mengubah limbah plastik supaya jadi berkah ke masyarakat,” kata dia.

Ditambah menurutnya gerakan politik hijau ini merupakan komitmen dari pasangan Ganjar-Mahfud terhadap kelestarian lingkungan untuk keberlanjutan hidup manusia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan