Tak Sesuai Jadwal, Gunungan Sampah di Pasar Sehat Cileunyi Bandung Baru Dibersihkan

JABAR EKSPRES – Kondisi Pasar Sehat Cileunyi (PSC) yang berlokasi di wilayah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung semakin kumuh oleh tumpukan sampah.

Pihak Pengelola PSC dari PT Biladi Karya Abadi (BKA) mengklaim, sampah yang menggunung itu, sempat diwacanakan untuk dibersihkan menggunakan alat berat pada Sabtu, 20 Januari 2024 lalu.

Akan tetapi, melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, pembersihan sampah tak sesuai dengan jadwal yang direncanakan, sehingga debit sampah semakin bertambah dan pembersihannya dijadwalkan ulang pada Rabu, 24 Januari 2024.

BACA JUGA: Masifnya Pembangunan di KBU Jadi Sebab Utama Banjir, Apa Kata DLH Bandung Barat? 

Pengelola PSC dari PT Biladi Karya Abadi (BKA), Arman mengatakan, pembersihan sampah yang menumpuk di area PSC, sudah siap dilakukan.

“Alat berat sudah didatangkan dan mulai operasi pembersihan sampah hari ini,” kata Arman kepada Jabar Ekspres di lokasi.

Dijelaskan, untuk operasi pembersihan sampah di kawasan PSC, rencananya akan berlangsung seharian alias sampai sore menggunakan alat berat.

Sebelumnya, pihak Pengelola PSC mengakui, untuk penumpukan sampah disebabkan karena tak hanya pedagang pasar saja yang membuang sampah ke TPS, namun warga luar pun dinilai kerap membuang sampah ke titik-titik area PSC.

“Memang benar kalau sampah di Pasar Sehat Cileunyi sekarang makin menumpuk di sejumlah titik,” ucapnya.

Diketahui, kondisi Pasar Sehat Cileunyi semakin hari kian memprihatinkan. Pasalnya, selain sampah yang terus menumpuk di sejumlah titik, saat ini jika turun hujan area PSC kerap dihantui banjir karena saluran air yang tersumbat sampah.

Masih melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, alat berat yang dihadirkan sebanyak satu unit, bergerak untuk mendorong merapihkan sampah agar pengangkutan bisa dilakukan lebih efisien.

Arman sempat mengungkapkan, untuk penarikan sampah di Pasar Sehat Cileunyi, akhir-akhir ini tidak sesuai dengan jadwal ideal pengangkutan.

“Idealnya untuk mengantisipasi menggunungnya sampah di PSC itu, dalam satu pekan 3 kali penarikan. Jujur, sudah lama orang luar (bukan pedagang) sudah lama banyak membuang sampah ke PSC,” ungkapnya.

“Jadi wajar jika sekarang ini sampah semakin menumpuk, apalagi banyak sampah yang dibuang ke Pasar Sehat Cileunyi yang dilakukan warga dari luar pasar,” pungkas Arman. (Bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan