Debat Cawapres: Urgensi Reforestasi, Cak Imin dan Mahfud Md Satu Suara

JABAR EKSPRES – Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menyatakan kesepakatan dengan calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, mengenai urgensi reforestasi dalam sesi Debat Cawapres keempat pada Pilpres 2024, Jakarta 21 Januari 2024 malam.

Dalam debat tersebut, Cak Imin menyoroti kurangnya keseriusan pemerintah dalam menerapkan reforestasi untuk mengatasi perubahan iklim.

“Sampai hari ini saya setuju dengan Pak Mahfud, tidak ada keseriusan dan kesungguhan untuk itu,” ujar Cak Imin, dikutip dari Radar Jabar.

Selain itu, Ketua Umum PKB itu  juga mempertanyakan soal peran petani yang kurang dilibatkan dalam penyediaan pangan nasional.

BACA JUGA: Survey IPO: AMIN Tempel Ketat Prabu dan Ada Peluang Comeback di Putaran 2

“Bahkan dalam menyediakan pangan nasional, kenapa tidak melibatkan petani? Malah juga terjadi penggundulan hutan dan kegagalan lagi. Mengapa? Karena tidak melibatkan masyarakat adat setempat dan para petani, bahkan merusak keanekaragaman hayati kita,” terangnya.

Kemudian, Cak Imin mengatakan, inti permasalahan terletak pada pembangunan berkelanjutan yang tidak mematuhi prinsip keadilan ekologi.

“Prinsipnya satu, keadilan. Keadilan ekologi harus menjadi prioritas utama, jangan biarkan keadilan ekologi ini terabaikan. Yang kedua, keadilan iklim. Yang ketiga, keadilan antargenerasi sebagai komitmen keadilan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Muhaimin menegaskan bahwa jika pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terpilih, mereka akan berkomitmen pada pelaksanaan konstitusi yang benar-benar pro-rakyat dan lingkungan, tanpa memihak kepada investor atau pengusaha.

BACA JUGA: Survei Poltracking: Per Januari, Prabowo-Gibran Unggul 46,7 Persen, Sementara Tren Ganjar-Mahfud Sedang Anjlok

Tulisan ini telah tayang di radarjabar.disway.id dengan judul: Cak Imin dan Mahfud MD Sepakat tentang Pentingnya Reforestasi dalam Debat Cawapres

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan