Piala Asia 2023: Optimisme STY saat Menghadapi Jepang

JABAR EKSPRES – Timnas Indonesia akan menjalani laga krusial melawan Timnas Jepang pada matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023, Rabu 24 Januari 2024 mendatang, pukul 18.30 WIB. Kedua tim memperebutkan kemenangannya pada pertandingan ini untuk memastikan satu posisi di babak 16 besar sebagai runner-up.

Namun, Indonesia menghadapi lawan yang jauh di atas mereka dalam rangking FIFA saat ini. Timnas Merah Putih yang berada di posisi ke-146, harus menghadapi Timnas yang dijuluki Samurai Biru di posisi ke-17. Tak hanya itu, Jepang juga unggul mengingat kualitas skuad mereka yang dipenuhi talenta-talenta yang bermain di liga-liga elite Eropa.

Walau Begitu, Shin Tae-Yong (STY) selaku pelatih Timnas Indonesia mempunyai catatan baik jika dihadapkan dengan timnas Samurai Biru.

BACA JUGA: Skema Kelolosan Garuda ke 16 Besar Piala Asia 2023

Di sepanjang karirnya sebagai pelatih, pelatih berusia 53 tahun tersebut pernah menghadapi Jepang saat dirinya mengasuh Timnas Korea Selatan (Korsel).

Di ajang East Asian Football Championship 2017, Timnas Korsel berhasil menggasak Jepang dengan skor 4-1 berkat tangan magis STY.

Dalam pertandingan di Ajinomoto Stadium pada 16 Desember 2017 tersebut, Korsel membalas ketertinggalan mereka akibat gol dari Yu Kobayashi di sisa pertandingan, dengan gol Kim Shin-wook (2 gol), Kim Jin-su, dan Yeom Ki-hun.

Meski Jepang berada di ranking yang lebih tinggi dari Timnas Indonesia di peringkat FIFA, Shin Tae-Yong terus memompa semangat anak asuhnya serta mengingat kembali momen ketika Korea Selatan dalam asuhannya mampu menumpas Jerman di Piala Dunia 2018.

“Saya juga punya pengalaman sebagai pelatih. Terkhusus Piala Dunia 2018, tidak ada yang bisa mengira (Korea Selatan) menang lawan Jerman,” ucap Shin Tae-Yong dalam jumpa pers di Doha, Qatar.

BACA JUGA: Pratama Arhan Siap Habis-habisan Demi Garuda di Dada

“Jadi, kita tidak akan menyerah. Tetap maju terus, tidak pernah menyerah! Terima kasih,” lanjutnya.

Ketua PSSI, Erick Thohir juga menilai timnas Indonesia telah memainkan pertandingan yang baik dan stabil. Atas kemenangan penting ini, Indonesia berhasil menduduki posisi 3 klasemen sementara.

Erick juga menyatakan akan memberikan bonus kepada para pemain. Bahkan, menjanjikan bonus yang lebih besar jika di timnas Garuda bisa mengalahkan Jepang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan