Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung Ini Terus Asah Kemampuan, Targetkan Level Nasional

JABAR EKSPRES – Atlet Panjat Tebing Kabupaten Bandung, Mira Liawati tengah disibukkan melatih sejumlah anak didik untuk mengasah kemampuan memanjat tebing.

Sampai saat ini, dia kerap melatih anak-anak kursus sebanyak 3 orang dan reguler yang datang dari berbagai daerah di Kabupaten Bandung mencapai puluhan lebih dari 20 orang.

“Alhamdulillah bisa terus berkegiatan dan bisa melatih yang lain buat olahraga panjat tebing,” kata Mira kepada Jabar Ekspres, Selasa (9/1).

Dia menerangkan, untuk aktivitas panjat tebing dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu pekan, itu pun jika kondisi cuaca cerah dan mendukung.

“Kalau hujan gak dilanjut, jadi latihannya di rumah kayak pull up, push up atau tutorial youtube buat latih pernafasan sama power di rumah,” terang Mira.

BACA JUGA: Membanggakan! Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Raih Emas di Kejuaraan Panjat Tebing!

“Bahkan pernah udah pemanasan dan siap mau latihan manjat, baru pasang alat turun hujan jadinya batal latihan,” lanjutnya.

Mira menuturkan, guna meningkatkan kemampuan, dirinya fokus mengasah power serta kecepatan dalam panjat tebing.

“Aku asah keduanya karena berkesinambungan, kalau kuat aja speed pasti kurang, kalau speed aja gak bakal kuat manjat jauh jadi power dan speed aku asah dan tingkatin terus,” tuturnya.

Diketahui, Mira merupakan atlet unggulan Kabupaten Bandung pada Cabor Panjat Tebing. Dia sempat mengikuti empat kategori pada Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV.

Mira berhasil meraih prestasi di Speed Classic Perorangan Putri dengan medali perak, kemudian pada kategori Boulder Tim Putri meraih medali perunggu, serta Boulder Mix berhasil membawa pulang perunggu.

Wanita kelahiran Bandung, 22 November 2003 itu diketahui menjadi atlet penyumbang 3 keping medali sekaligus sebagai kontingen Kabupaten Bandung.

Mira berhasil meraih prestasi gemilang dengan membawa pulang 3 medali sekaligus di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XIV pada 2022 lalu.

“Awal tahun 2024 ini belum ada info buat kejuaraan atau kompetisi, kalau ada kabar ke depan buat ikut serta aku bakal maju,” bebernya.

Mira menjelaskan, meski belum ada kejuaraan dirinya tetap melatih badan agar tetap kuat serta cepat dalam melakukan panjat tebing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan