Kurangi Dampak Pemanasan Global, Pabrik di Sumedang Ini Gunakan PLTS untuk Produksi

JABAR EKSPRES – Upaya untuk menjaga lingkungan dilakukan setiap lapisan baik masyarakat, pemerintah hingga swasta dalam menjalankan operasional perusahaannya.

Terkait upaya menjaga lingkungan, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Pabrik Garudafood wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

PLTS Atap tersebut, memiliki kapasitas 810 kilowatt peak (kWp). Melalui instalasi PLTS Atap yang ada, Garudafood telah melakukan upaya dekarbonisasi emisi hingga 1000 ton karbondioksida (CO2) setiap tahunnya, atau setara dengan penanaman 114.000 pohon dalam satu tahun.

Presiden Direktur Garudafood, Hardianto Atmadja mengatakan, panel PLTS Atap di Garudafood Sumedang itu, mampu memproduksi lebih dari 1.200 megawatt hour (MWh), yang keseluruhannya disalurkan dan digunakan untuk kegiatan utama maupun aktivitas penunjang proses produksi.

BACA JUGA: TSM Bandung Menjadi Mal Pengguna Pertama PLTS Atap di Bandung

“Di tengah dinamika bisnis yang terus berkembang, kami berkomitmen untuk menerapkan praktik keberlanjutan yang terintegrasi dalam kegiatan operasional perusahaan,” kata Hardianto di Pabrik Garudafood Sumedang, Kamis (18/1).

Menurutnya, langkah yang dilakukan merupakan upaya mendukung Pemerintah dalam mempercepat target transisi dan bauran energi, dari Energi Baru dan Terbarukan (EBT) serta sebagai salah satu solusi, untuk mengurangi masalah perubahan iklim dan pemanasan global.

Hardianto menerangkan, pihaknya juga senantiasa berupaya untuk mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan negatif lainnya, yang dihasilkan dari sumber energi konvensional dengan mengadopsi teknologi dan inovasi ramah lingkungan.

“Lalu mengoptimalkan penggunaan sumber daya, mengelola limbah produksi hingga menerapkan praktik sirkular ekonomi di Garudafood,” terangnya.

BACA JUGA: Netral Karbon Tahun 2060, Pertamina Dukung Inovasi Dekarbonisasi

Hardianto menjelaskan, selain itu, pihaknya juga berkomitmen untuk mendukung masyarakat di sekitar wilayah operasional, dengan memberikan kontribusi positif melalui program-program sosial dan kemitraan yang berkelanjutan.

“Instalasi PLTS Atap PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) ini, dilakukan oleh ARUNA selaku perusahaan pengembang PLTS, yang juga memiliki komitmen terhadap pencapaian target baruan energi yang berkelanjutan,” jelasnya.

Hardianto memaparkan, sepanjang 2024 Garudafood mencanangkan untuk melakukan penetrasi instalasi PLTS Atap di seluruh wilayah operasional Garudafood yakni Pati Jawa Tengah, Gresik Jawa Timur dan Kantor Pusat Jakarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan