Pj Bupati Bogor Pastikan BPBD Siap Siaga Antisipasi Bencana

BOGOR, JABAR EKSPRES – Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu melakukan pengecekan langsung kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik personil, peralatan dan perlengkapan, untuk mengantisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Bogor.

Pengecekan tersebut dilakukan saat memimpin apel pasukan di Halaman Kantor BPBD, Cibinong, Kamis 18 Januari 2024.

Asmawa Tosepu mengatakan, wilayah Kabupaten bogor secara geografis dan topografis cukup labil dan rawan longsor, angin puting beliung, dan banjir. Perlu senantiasa menjaga kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana.

“Dalam rangka antisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Bogor, kita senantiasa meningkatkan kemampuan para personel, memastikan kesiapan perlengkapan serta sarana prasarana. Kemudian BPBD memastikan kesiapsiagaan personal dengan piket tiga peleton, yang suatu saat bisa digerakan,” katanya kepada media.

BACA JUGA: Apresiasi Pemkab Bogor dalam Tangani Kisruh Parung Panjang, Rudy Susmanto Ingatkan Pemprov Soal Perbaikan Jalan

Asmawa mengungkapkan, pada tahun 2023-2024 ini terkait sarana prasarana ada pembaharuan dan penambahan agar dapat memenuhi kebutuhan penanggulangan bencana. Kemampuan dan keterampilan anggota terus ditingkatkan agar siap secara pengetahuan, fisik, maupun mental sehingga lebih cakap dalam bertugas dan kualitas pelayanan penanganan bencana bagi masyarakat juga semakin meningkat.

“Namun yang paling penting adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat tentang tanggap bencana. Sosialisasi dan edukasi tentang edukasi tentang tindakan preventif dan tanggap darurat kepada masyarakat harus terus dilakukan. Galakkan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) dan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang sudah terbentuk,” tambahnya.

BACA JUGA: Balita di Bogor Tewas Akibat Tersengat Tawon

Tak hanya itu ia juga menegaskan pentingnya penggunaan teknologi dalam pemantauan dan sistem informasi bencana untuk meningkatkan ketangguhan dan efektivitas penanggulangan bencana.

Kemudian, kolaborasi dan sinergi adalah kunci. Maka harus diperkuat sinergi kolaborasi dengan pihak terkait seperti TNI, Polri, relawan, sektor swasta, dan pihak lainnya agar kita dapat merespons bencana dengan lebih efektif.

“Seluruh jajaran BPBD agar selalu semangat dalam menjalankan tugas. Terus perkuat konsolidasi, kesiapsiagaan, pengawasan dan sinergi dalam mengantisipasi bencana untuk meminimalisir resiko dan dampaknya,” pungkasnya (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan