Harga Beras Masih Mahal, Ini Penyebab IPH di KBB Kembali Naik

Jabar Ekspres – Mayoritas harga pangan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih mengalami kenaikan. Adapun, komoditas pangan yang masih mahal yaitu beras, bawang, dan daging ayam.

Merujuk pada data panel harga Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga beras premium naik menjadi Rp15.170 per kg dibandingkan harga kemarin. Kemudian, harga beras medium naik menjadi Rp13.410 per kg.

Bapanas pun telah menetapkan besaran stok pangan yang harus dimiliki pemerintah sampai akhir 2024 nanti. Hal itu ditetapkan dalam Keputusan Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 379.1/TS.03.03/K/11/2023 tentang Jumlah, Standar Mutu, dan Harga Pembelian Pemerintah Dalam Rangka Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahun 2024.

Dalam keputusan itu, Bapanas menetapkan jumlah stok minimal dalam pengelolaan 13 komoditas pangan sebagai CPP.

Namun demikian, harga masih belum terkendali alias masih terlalu tinggi. Pantauan Jabarekspres.com di Pasar Tradisional Tagog Padalarang, harga beras premium masih menyentuh di angka Rp14.500 per kilogram. Sementara untuk harga beras medium menyentuh di harga Rp13.200 per kilogram.

BACA JUGA: Jokowi Ungkap Alasan Harga Cabai yang masih “Pedas” di Indonesia

“Kalau harga beras sempet turun tapi gak lama naik lagi ke harga normal 13 ribu beras medium. Kalo premium 14 ribu,” kata salah seorang pedagang di Pasar Tagog Padalarang, U Daryana (63) kepada wartawan, Selasa (15/1/2024).

Ia menambahkan, sejauh ini dirinya juga belum menerima bantuan stimulan yang dijanjikan oleh Pemkab Bandung Barat untuk menekan harga beras yang naik di pasaran.

“Pj Bupati Bandung Barat (Arsan Latif) sempet datang ke pasar dua kali. Tapi gak semua pedagang beras dibantu sama pemda,” tambahnya.

“Ditambah ada program beras SPHP yang dari pemda kan sekarang dijual juga di mini market. Itu juga bikin konsumen berkurang belanja ke pasar,” paparnya.

Selain beras, harga pangan lainnya yang mengalami kenaikan yaitu bawang putih dari semula Rp31.000 menjadi Rp35.000 per kilogram. Begitu pun dengan harga bawang merah yang naik dari semula Rp30.000 menjadi Rp34.000 per kilogram.

Kenaikan harga pangan juga terjadi pada daging ayam ras yang naik dari semula Rp29.000 menjadi Rp31.000 per kilogram.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan