Indonesia Resmi Protes ke AFC Terkait Gol Kedua Irak di Piala Asia 2023

JABAR EKSPRES – Timnas Indonesia resmi melayangkan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait gol kedua Irak yang dianggap offside pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023 di Qatar.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB, Indonesia kalah 1-3 dari Irak.

Gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan pada menit ke-37, sedangkan tiga gol Irak dicetak Mohamad Ali (17′), Osama Rashid (45+7′) dan Aymen Hussein (75′).

Protes terkait gol kedua Irak yang dianggap offside disampaikan Manajer Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Endri Irawan.

BACA JUGA: Elkan Baggott: Ambisi Besar untuk Indonesia di Piala Asia dan Buat Bangga Keluarga

“Kita melayangkan protes kepada AFC setelah pertandingan, setelah disahkan gol kedua Irak yang nyata-nyata di tayangan ulang jelas terlihat offside. Kita sudah resmi melayangkan form protes dan diserahkan langsung ke match commissioner,” kata Endri Irawan dalam surat ketetangannya, Selasa (16/1/2024).

Dalam tayangan ulang, terlihat bahwa Mohamad Ali berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Ali Adnan sebelum mencetak gol. Namun, wasit asal Uzbekistan, Ilgiz Tantashev, tidak menganulir gol tersebut setelah melihat tayangan ulang dari VAR.

Berdasarkan laporan dari petugas VAR di studio yakni Salman Ahmad Falahi (Qatar) dan Rawut Nakarit (Thailand), tidak terjadi offiside sehingga gol kedua Irak disetujui.

Endri Irawan mengatakan bahwa protes yang dilayangkan timnas Indonesia bukan untuk mengubah hasil pertandingan. Namun, ia berharap protes tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi AFC agar kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Siap Pamerkan Kekuatan saat Lawan Irak di Piala Asia 2023

“Protes ini bukan untuk mengubah hasil pertandingan, tetapi untuk menjadi pembelajaran bagi AFC agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” kata Endri Irawan.

Pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023, Indonesia akan menghadapi Vietnam pada Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB. (mg/Dede Nulhakim)

 

Artikel ini telah tayang di disway.id dengan judul “Timnas Indonesia Resmi Melayangkan Protes ke AFC, Gol Kedua Irak Ternyata Offside,” selengkapnya (https://disway.id/read/755614/timnas-indonesia-resmi-melayangkan-protes-ke-afc-gol-kedua-irak-ternyata-offside)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan