5 Tips Cegah Flu di Musim Hujan, Caranya Mudah Loh!

JABAR EKSPRES – Dikala musim hujan datang, terpaan angin kencang dan kelembaban yang tingi membuat kita harus bisa beradaptasi dengan musim ini. Flu pun menjadi salah satu virus yang paling rentan menyeran daya tahan tubuh kita.

Dampak flu ini tidak bisa akita anggap sepele, Demam, hidung tersumbat, badan pegal-pegal, hingga sakit kepala tentunya bisa menghambat prooduktivitas serta meningkatkan peluang sakit yang lebih parah.

Virus flu ini tak hanya menyerang anak-anak saja, namun juga bisa menjangkiti orang disegala usia karena flu menyerang sistem kekebalan tubuh. Bila tidak ditangani secara serius, tubuh dapat mengalami komplikasi yang memperburuk kondisi tubuh, loh!

BACA JUGA: Cara-Cara Efektif untuk Mengatasi Flu di Musim Pancaroba

Eits, tapi kamu tidak perlu khawatir. Virus flu ini tentunya bis akita cegah dengan 5 tips yang bisa kamu ikuti. Yuk, kita simak lima tips mudah untuk mencegah dan menangani flu berikut ini!

1. Menjaga tangan untuk tetap Higienis

Kelembapan udara yang tinggi tetntunya membuat kuman dan bakteri lebih mudah untuk berkembang biak.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dapat membasmi kuman dan virus yang menempel di tangan.

Bila tidak menemukan air, kamu bisa mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Kamu juga disarankan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengkonsumsi makanan, serta sesudah bang air kecil dan besar.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air

Kondisi udara dengan suhu rendah membuat seseorang minim mengeluarkan keringat, sehingga seseorang jarang merasa haus dan lupa akan kebutuhan konsumsi air putih.

Sehingga baik sebelum atau sesudah gejala flu muncul, perbanyak konsumsi air untuk menghindari dehidrasi, sakit tenggorokan, juga hidung tersumbat.

Tak hanya dengan mengkonsumsi air putih, kamu juga bisa mengkonsumi jus, atau sup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

3. Konsumsi Vitamin dan Suplemen bila perlu

Mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C, bisa memperkuat kekebalan tubuh.

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

4. Berkumur dengan Air Garam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan