Data NISN Salah saat Daftar Akun SNPMB 2024, Ini Cara Mengatasinya

JABAR EKSPRES – Bagaimana jika data NISN salah ketika ingin daftar akun SNPMB 2024? Simak cara mengatasinya di bawah ini.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh siswa ketika pendaftaran akun adalah pengisian NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional.

Setiap peserta didik yang bersekolah di suatu unit pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan (NPSN) dan terdaftar dalam Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan diberikan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

BACA JUGA: Apakah Daftar Akun SNPMB Siswa 2024 Harus Menunggu Akun Sekolah? Begini Infonya  

Namun, beberapa diantara pendaftar mengalami kendala mengenai NISN mereka, seperti data yang berbeda atau salah.

Berikut cara mengatasi data NISN salah untuk daftar akun SNPMB.

Cara Mengatasi Data NISN Salah saat Daftar Akun SNPMB 2024

Dilansir dari Live YouTube SNPMB BPPP, seorang siswa bertanya tentang langkah yang harus diambil jika terjadi kesalahan NISN saat hendak mendaftar akun SNPMB.

Koordinator Teknologi dan Sistem Informasi SNPMB, Arif Djunaidy, menjelaskan bahwa masalah NISN yang salah harus diatasi melalui sekolah. Siswa disarankan untuk menghubungi sekolah mereka, yang nantinya akan menangani proses perbaikan melalui Dapodik.

“Harus melalui sekolah, ditanyakan ke sekolah, nantinya sekolah yang akan melakukan prosesnya ke Dapodik,” ujar Arif Djunaidy saat Sosialisasi Daring Mekanisme Registrasi Akun SNPMB, Jumat (5/1/2024).

BACA JUGA: Aturan Foto Akun SNPMB 2024: Ukuran, Latar Warna hingga Posisi Badan

Proses tersebut dapat dipantau melalui link yang disediakan oleh Dapodik. Untuk kesalahan atau perbedaan data NISN atau data siswa lainnya, solusinya dapat ditemukan melalui DAPODIK/EMIS dengan menghubungi pihak sekolah untuk perbaikan data.

Sebagaimana diketahui sejak Senin, 8 Januari 2024, tahapan registrasi akun SNPMB tahun ini untuk sekolah dan siswa telah dimulai pukul 15.00 WIB.

Registrasi akun SNPMB dapat dilakukan melalui portal https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Bagi sekolah, tahap registrasi akun dibuka mulai 8 Januari hingga 8 Februari 2024, sementara untuk siswa, tahap registrasi akun berlangsung mulai 8 Januari dan berakhir pada 15 Februari 2024.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan