Formasi CPNS 2024 Tersebar di Pusat dan Daerah, Cek Lowongan yang Dibuka

JABAR EKSPRES – Rekrutmen CPNS tahun 2024 sudah diumumkan dan segera dibuka, akan tersedia sebanyak 2,3 juta formasi CASN.

Peluang emas bagi talenta muda Indonesia karena pemerintah kembali membuka seleksi CASN tahun ini dengan formasi yang lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan peluang CPNS 2024 ini terbuka lebar bagi para lulusan baru atau freshgraduate dengan membuka jumlah formasi calon pegawai sipil negara (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang.

Formasi tersebut nantinya tersebar di instansi pusat sebanyak 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu.

Formasi CASN 2024

Presiden Jokowi mengatakan bahwa formasi-formasi CASN 2024 ini akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari keterangan pers, Jumat (5/1/2024).

BACA JUGA: Cek Formasi CPNS 2024, Peluang Fresh Graduate Terbuka Lebar

Rekrutmen 1,6 Juta Formasi PPPK 2024

Selain itu, pemerintah juga berencana menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan mengadakan rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Langkah ini merupakan upaya untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, di mana pada tahun ini direncanakan rekrutmen sejumlah 1,6 juta formasi yang masih belum diangkat sebagai PPPK.

BACA JUGA: Cek Daftar Bocoran Kisi-Kisi Materi SKB CPNS 2023 Berbagai Instansi, Ada Kejaksaan hingga Kemenkumham

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan