6 Cara Bagi Wanita Menasehati Suami, Agar Tetap Terjaga Harga Dirinya

JABAR EKSPRES – Berumah tangga merupakan penggabungan dua karakter yang berbeda, pasti akan sulit jika tidak ada kesetaraan didalamnya, meski islam tetap memposisikan suami lebih tinggi dibanding istri. Namun ada cara khusus bagi wanita untuk menasehati suami agar harga dirinya tetap terjaga.

Menurut Ustad Abu Hashif Wahyudin Al-Bimawi, sebagai seorang istri, hendaknya menasehati suami dengan baik, dengan penuh keyakinan bahwa Allah-lah yang memberikan hidayah.

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman:

إِنَّكَ لَا تَهۡدِي مَنۡ أَحۡبَبۡتَ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ يَهۡدِي مَن يَشَآءُۚ وَهُوَ أَعۡلَمُ بِٱلۡمُهۡتَدِينَ

“Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (Qs. Surat Al-Qashash, Ayat 56)

Baca juga :  Cara Menasehati Orang Tua agar Tidak Mudah Tersinggung, Berikut Nasehat Buya Yahya

Adapun cara menasehati suami sebagai berikut:

1. Nasehatilah suami dengan kata-kata yang lemah lembut.

2. Kalau dia perokok maka Jelaskan bahaya rokok dari sisi kesehatan dan penghamburan harta, bacakan dia dua surat dibawah ini:

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَا تُفۡسِدُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ بَعۡدَ إِصۡلَٰحِهَا وَٱدۡعُوهُ خَوۡفٗا وَطَمَعًاۚ إِنَّ رَحۡمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٞ مِّنَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (di ciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.” (Qs. Al-A’rof ayat 56)

Allah Subhaanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَأَنفِقُواْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلۡقُواْ بِأَيۡدِيكُمۡ إِلَى ٱلتَّهۡلُكَةِ وَأَحۡسِنُوٓاْۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُحۡسِنِينَ

“Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Surat Al-Baqarah, Ayat 195)

Baca juga : 20 Cara Dakwah Seorang Istri Kepada Suami Agar Lebih Shalih

3. Jelaskan keutamaan membaca Al-Qur’an yaitu dapat menenangkan jiwa, mendapatkan dua pahala meski membacanya kurang fasih, meraih syafa’at pada hari kiamat.

4. Jelaskan pula padanya keutamaan sholat malam

5. Nasehati dia bahwa orang yang meninggal dunia tidak membawa apa-apa kecuali amalannya.

6. Selain itu juga, upayakan istri senantiasa sholat malam, mohonlah kepada Allah agar suami mendapatkan hidayah. Lakukanlah amal sholih sebanyak-banyaknya, dan bersabar menghadapi ujian dari suami yang bandel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan