Google Gemini Saingan ChatGPT Terbaru, Lebih Canggih Mana?

Google mengakui bahwa Gemini tersedia dalam beberapa bentuk saat ini, namun masih dalam bentuk yang terbatas. Jika perusahaan ini benar dengan klaimnya, maka Gemini memiliki potensi besar untuk menjadi alat yang kuat di berbagai bidang.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat

Gemini Ultra

Gemini Ultra adalah model dasar dari Google yang saat ini hanya tersedia untuk beberapa pelanggan terbatas. Namun, pada akhir tahun ini, Google akan meluncurkannya secara lebih luas. Gemini Ultra dapat membantu dalam pekerjaan rumah fisika, memecahkan masalah langkah demi langkah, dan menunjukkan kesalahan pada jawaban yang telah diisi.

Selain itu, model ini juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi makalah ilmiah yang relevan dengan masalah tertentu dan menghasilkan bagan dengan data yang lebih baru. Meskipun Gemini Ultra pada dasarnya mendukung pembuatan gambar, fitur ini mungkin tidak akan tersedia dalam versi produk pada peluncuran, karena mekanismenya yang lebih kompleks. Gemini menghasilkan gambar asli tanpa melibatkan langkah perantara seperti yang digunakan oleh aplikasi ChatGPT dengan generator gambar DALL-E 3.

Gemini Pro

Gemini Pro adalah model bahasa yang diperkenalkan oleh Google. Meskipun telah diluncurkan untuk umum, kemampuan Gemini Pro bergantung pada tempat penggunaannya. Model ini merupakan peningkatan dari LaMDA dalam hal penalaran, perencanaan, dan pemahaman. Studi independen menunjukkan bahwa Gemini Pro lebih baik daripada GPT-3.5 OpenAI dalam menangani rantai penalaran yang kompleks.

Namun, model ini masih mengalami kesulitan dengan masalah matematika yang melibatkan beberapa digit dan sering membuat kesalahan faktual.

Gemini Pro dapat diakses melalui API di platform pengembang AI bernama Vertex AI. Model ini menerima teks sebagai input dan menghasilkan teks sebagai output. Selain itu, terdapat juga fitur Gemini Pro Vision yang dapat memproses teks dan gambar, termasuk foto dan video. Gemini Pro dapat disesuaikan dengan konteks dan kasus penggunaan tertentu melalui proses fine-tuning atau “grounding”.

Pengembang juga dapat menghubungkan Gemini Pro ke API pihak ketiga eksternal untuk melakukan tindakan tertentu.

Tinggalkan Balasan