Naskah Khutbah Jumat Tentang Muhasabah Awal Tahun 2024.

JABAR EKSPRES – Memasuki tahun 2024, saat yang sangat tepat bagi kita untuk bermuhasabah. Banyak hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Berikut naskah khutbah Jumat tentang muhasabah awal tahun yang cocok sebagai pengingat.

Naskah khutbah Jumat tentang muhasabah awal tahun ini, sangat bermanfaat untuk mengajak umat Islam bermuhasabah, agar dapat menghadapi tahun baru dengan lebih baik.

Serta bisa meningkatkan amal kebaikan dan mengurangi keburukan yang pernah dilakukan sebelumnya.

Baca juga : Khutbah Jumat Tentang Cara Masuk Surga Meski Dengan Amalan Sedikit

Naskah khutbah jumat ini disampaikan oleh Ustadz Syakir NF, Imam Masjid Baitul Maqdis Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat.

Berikut isi lengkap khutbah jumat tentang muhasabah awal tahun

Khutbah I

اَلْحَمْدُ للهِ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ بَلَغَنَا إِلَى الْعَامِ الْجَدِيْدِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ قَوْلُهُ السَّدِيْدُ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah swt,

Puji syukur kita haturkan kepada Allah swt. Berkat kenikmatan yang diberikan-Nya, kita dapat bertemu di tempat dan majelis yang diberkahi ini untuk beribadah kepada-Nya sebagai tanda syukur atas segala nikmat yang telah kita terima dari-Nya.

Tak lupa, shalawat dan salam, kita haturkan kepada Nabi Besar Muhammad saw, juga kepada para sahabatnya, pengikutnya, dan semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti.

Amin ya rabbal alamin.

Hal itu harus kita persiapkan secara dini. Terlebih, saat ini kita baru saja memasuki tahun baru 2023. Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah swt, Banyak peristiwa yang telah kita lalui sepanjang tahun 2022 lalu. Ada rasa sedih.

Mungkin di antara kita, ada yang ditinggal orang-orang terkasihnya. Ada rasa senang dan bahagia karena cita-cita dan harapannya tercapai di tahun lalu.

Ada pula yang kecewa karena banyak momen yang terlewatkan, tidak dapat dimanfaatkan dengan baik.

Kita juga perlu mengevaluasi atas ibadah yang telah kita jalani selama tahun 2022. Mana yang sudah cukup baik dan perlu dipertahankan, syukur-syukur ditingkatkan.

Ibadah apa pula yang masih sangat kurang dan harus diperbaiki di tahun baru ini. Pun soal keburukan yang telah lalu, di tahun ini, kita harus bisa menghapusnya.

Paling tidak, kita berupaya untuk mengurangi sedikit demi sedikit agar pada waktunya nanti, kita tidak lagi berlaku demikian.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan